Basarnas Kaltim Gelar Rakor Pencarian dan Pertolongan

Melki :  Kami Selalu Siap

0 78

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dalam rangka kesiapan Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Balikpapan dalam operasi pencarian dan pertolongan di wilayah Kalimantan Timur, Basarnas melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) SAR dan Latihan SAR di Hotel Grand Senyiur Balikpapan, Selasa (15/6/2021).

Kegiatan Rakor Pencarian dan Pertolongan dibuka secara resmi Wali Kota Balikpapan Haji (H) Rahmad Mas’ud dan dihadiri Muspida Kota Balikpapan, pimpinan instansi, lembaga pemerintah maupun Swasta, serta BUMN di Kota Balikpapan.

Rakor ini guna meningkatkan sinergitas terkait pelaksanaan operasi pencairan dan pertolongan yang tepat, cepat, dan handal dalam penanganan kecelakaan pesawat udara di Perairan Teluk Balikpapan.

Kepala Basarnas Kalimantan Timur Melkianus Kotta mengatakan, kegiatan Rakor dilaksanakan selama 2 hari dengan 40 peserta. Dari kegiatan Rakor, peserta yang hadir diharapkan bisa memberikan pemahaman yang bagus dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan ke depan.

“Basarnas adalah lini sektor yang ada di seluruh Indonesia dalam pencarian dan pertolongan. Berkaitan dengan persiapan kami selalu siap, selain dengan melakukan kegiatan rutinitas para anggota selalu Latihan. Seperti skill dalam mencapai respon time,” kata Melki.

Untuk di Kalimantan Timur, kata dia, ada beberapa titik rawan seperti Kutai Timur dan Berau.

“Ini yang kami fokuskan, yang kami anggap sebagai titik rawan,” jelas Melki.

Baca juga :

Melki menambahkan, di wilayah kerja khususnya di Kalimantan Timur, Basarnas sudah menempatkan pos-pos seperti di Samarinda dan Kutai Timur.

Untuk  program ke depannya, Basarnas akan menempatkan di wilayah Berau. Namun semua masih dalam usulan ke Pemerintah Pusat.

“Semua ini berkaitan dengan anggaran, tentunya akan dibahas di DPR.” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

(Visited 16 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!