Apresiasi, Wakil Ketua DPRD Kaltim Kunjungi Balai Benih Pangan Loa Kulu

Samsun: Ini Perlu Untuk Dikembangkan

0 168

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengunjungi Balai Benih Pangan yang terletak di Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (15/3/2023).

Dalam kunjungannya mendampingi Komisi 2 DPRD Kaltim tersebut, politisi Partai Demokrasi Indonesia Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim ini mengatakan, banyak hal yang telah dilakukan Balai Benih Pangan untuk meningkatkan produksi Pertanian di Kaltim.

Legislator Kaltim ini menyampaikan apresiasi, lantaran Balai Benih Pangan yang dikunjungi begitu bagus kinerja dan hasilnya.

Balai Benih dimaksud, kata Samsun, merupakan tempat riset dan pengembangan benih Padi dan Hortikultura.

“Nah balai benih ini sebagai pusat risetnya, benih apa yang cocok dikembangkan pada musim penghujan seperti ini, dan benih apa yang produktif dikembangkan para Petani,” kata Samsun.

Kalau Balai Benih Pangan Loa Kulu ini, lanjut Samsun, juga merupakan laboratorium lapangan. Bukan hanya sekedar melakukan riset, melainkan langsung betul-betul diaplikasikan.

Mengenai luasan lahannya, kata Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara, disebutkan ada sekitar 10 hektare. Terdiri dari 8 hektare untuk Sawah, dan 2 hektare lainnya untuk laboratorium dan perkantoran.

“Menurut saya ini perlu untuk dikembangkan. Maksudnya riset-riset tentang tanaman pangan dan Hortikultura di Kaltim supaya lebih tepat komoditi apa yang mau dikembangkan, kemudian pola pengembangannya bagaimana,” kata Samsun.

Mengenai pemasarannya, Samsun mengatakan pasar penjualan tidak perlu dikhawatirkan lagi. Karena apapun yang ditanam, tetap akan terserap oleh pasar. Hanya memang menjadi tantangan ialah, kemampuan Petani untuk melakukan produksi secara berkesinambungan.

Baca Juga:

Kepala UPTD BBI TPH Pemerintah Provinsi Kaltim Devis Hendra yang hadir sebagai mitra kerja menyampaikan ucapan terima kasih, karena wakil rakyat Provinsi Kaltim berkenan membersamai kunjungan lapangan.

“Kami terima kasih banyak karena Komisi 2 DPRD Kaltim berkenan datang, sehingga kita bisa berkeluh kesah menyampaikan uneg kami,” ungkap Devis.

Ia berharap, Balai Benih Pangan ini dapat menjadi titik baik bagaimana Pertanian lainnya ke depan, bisa juga melakukan riset mandiri untuk kemandirian pangan.

“Kita harap keberadaan Balai Benih bisa menjadi tempat pembelajaran dan edukasi kepada masyarakat.” tandas Devis. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!