Anggota DPRD Kaltim Minta Perhatikan Kesehatan Mental

Ely : Mental Health Itu Sangat Penting

0 146

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : World Federation of Mental Health (WFMH) atau Lembaga kesehatan Mental dunia, telah mengasosiasikan 10 Oktober menjadi ajang tahunan peringatan Hari Kesehatan Mental seluruh dunia.

Anggota Komisi 2 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ely Hartati Rasyid menegaskan, masyarakat perlu memahami apa itu mental health dan urgensinya, sehingga ajang peringatan setiap tahunnya untuk meningkatkan kesadaran kepada seluruh elemen masyarakat.

Tahun 2022 ini diusung tema ‘Jadikan Kesehatan Mental untuk Semua Sebagai Prioritas Global’.

“Mental health itu sangat penting, hari ini kita harus tahu apa itu mental health,” kata Ely Hartati Rasyid, Selasa (11/10/2022).

Menurut politisi PDI Perjuangan ini, kesiapan mental harus tertanam pada generasi muda agar lebih besar manfaatnya. Karena usia tidak selalu muda.

“Artinya hari ini usia muda, tetapi besok tidak muda lagi atau usia terus bertambah. Jadi waktu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin,” kata Ely yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara pada Pemilu 2019.

Baca Juga :

Lebih lanjut ia menjelaskan, mental health mencakup mindset, sehingga anak muda harus berlatih berfikir realitas dalam hal berkompetisi untuk terus maju kedepan. Salah satunya melatih meningkatkan prestasi, dan kepercayaan diri.

Sumber Daya Manusia (SDM) harus segera digenjot, mengingat kompetisi ketat dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang kian hari semakin berkurang. Tentu generasi Z perlu berfikir mulai dari sekarang, untuk mempersiapkan hari besok yang cemerlang.

“Jangan menunda dan berleha-leha. Eforia muda itu sebentar saja. Karena waktu sangat berguna,” sebutnya.

Ely juga mengungkapkan, tren 4.0 kini telah banyak menghadirkan teknologi baru seperti aplikasi berbasis internet. Tidak dipungkiri ini menjadi salah satu media yang dapat membantu pula. Contohnya mengatasi depresi, dengan mengetahui apa yang perlu dilakukan ketika tertimpa musibah agar bisa berubah alias tidak berlarut dalam masalah.

“Yang pasti setiap orang perlu beriman dan menyadari, bahwa sesuatu itu sudah ada waktu dan garisan takdirnya, tetapi kemudian wajib berusaha. Mental health itu menganggap dunia lebih baik ke depannya. Mental health itu berpikir maju yang baik,” imbuhnya.

Ely yang kini duduk di Komisi 4 DRPD Kaltim berharap agar pemerintah dan pihak terkait lainnya, dapat memberikan pelayanan kesehatan jiwa yang berkualitas kepada setiap masyarakat, karena mereka berhak menerima pelayanan berkualitas.

Ini adalah upaya bersama untuk mencegah dan mengendalikan masalah kesehatan jiwa seseorang, kata Ely lebih lanjut, karena akan lebih produktif bila memiliki mental yang sehat.

“Meminta juga kepada semua pihak untuk tidak menjauhi mereka yang depresi, melainkan membantu hingga pulih kembali,” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/LVL

Editor   : Lukman

(Visited 3 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!