Anggota DPRD Kaltim Ungkap Program Sertifikasi Siswa SMK Teranggarkan

Puji: Program Itu Sangat Penting

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Tahun 2023 ini Program Sertifikasi bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah dianggarkan, hal ini dibenarkan Wakil Ketua Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim Puji Setyowati saat dikonfirmasi.

Politisi Partai Demokrat DPRD Kaltim itu bahkan menilai, Program Sertifikasi dapat meningkatkan potensi Siswa-Siswi setelah belajar selama 3 tahun dan  kemudian siap bekerja di lapangan.

“Program itu sangat penting untuk Sektor Pendidikan di Kaltim, sebab yang telah direncanakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) dapat mempermudah seluruh Siswa dan Siswi SMK di Benua Etam dapat menempuh Sertifikasi,” terang Puji, Minggu (12/3/2023).

Lanjut istri mantan Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang ini, bekerja sama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) di Benua Etam telah terdapat sebanyak 36 Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP).

“Kerja sama ini memang wajib, karena standar nilainya juga dari BNSP. Jadi wajib bekerja sama,” bebernya.

Baca Juga:

Kemudian dipaparkannya, Provinsi Kaltim patut berbangga karena terdapat sekitar 700 orang lebih yang bersedia menjadi assesor atau bisa diartikan sebagai seseorang yang memiliki hak untuk memberikan pelatihan. Dimana hal itu, ke depan sesuai dengan profesinya masing-masing.

Melihat hal ini, wakil rakyat Kaltim itu berpandangan, bahwa Siswa yang hendak mengambil jenjang Sertifikasi usai pendidikannya tuntas dapat dengan mudah dilakukan.

“Kami meyakini ada kemudahan dengan fasilitas yang ada. Terlebih dengan kemampuan tenaga yang ada, setidaknya di 2023 ini pemenuhan Sertifikasi untuk Siswa dan Siswi dapat mencapai 80 hingga 90 persen,” ujarnya.

Sebelumnya, sambung dia, hanya 30 persen pemenuhan Sertifikasi ini dapat tercapai dari seluruh jumlah Siswa di SMK. Maka diharapkan, angka 80 hingga 90 persen Siswa yang terjaring ini bukan hanya khayalan semata. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.