Ketua Komisi 3 DPRD Kaltim Tekankan Maksimalkan APBD 2023

Veri : Jangan Sampai Silpa

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Realisasi belanja Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) pada tahun 2022 tidak optimal, dibuktikan dengan masuknya Benua Etam dalam nominasi 10 besar paling rendah seluruh Indonesia.

Kendati demikian, persentase realisasi pendapatan APBD Kaltim tahun 2022 termasuk dalam kategori tinggi di Negara Indonesia.

Hal ini lantas menimbulkan pertanyaan. Tak terkecuali oleh Ketua Komisi 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Veridiana Huraq Wang.

Politisi Fraksi PDI Perjuangan tersebut akan terus menggencarkan pengawasan, terhadap kegiatan pekerjaan dalam APBD Murni Tahun 2023.

“Pada bulan Januari ini akan kita evaluasi lagi. Apalagi untuk 2023 terjadi peningkatan jumlah kegiatan terutama dalam sektor infrastruktur,” ucapnya, Selasa (17/1/2023).

Baca Juga :

Diharapkannya, dengan pengawasan yang terus dilakukan, pemaksimalan serapan anggaran dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dapat terwujud.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan lelang dini sebagian proyek yang akan dikerjakan, guna mencegah terjadinya keterlambatan.

“Sangat disayangkan, apabila lambatnya kinerja disebabkan oleh Pemerintah Provinsi sendiri yang terlalu kaku dengan aturan-aturan,” ucap politisi senior PDIP Kaltim ini.

Peraturan, sambung dia, boleh saja diikuti. Namun dengan seluruh pengalaman yang telah dimiliki Pemprov Kaltim, tetap saja seharusnya sudah mengetahui mekanisme yang berlaku.

“Jangan terlalu kaku. Mereka bukan orang baru dan pastinya di situ sudah lama. Jadi jangan disia-siakan, karena langka kita punya anggaran yang besar seperti ini,” tegasnya.

Legislator ini meminta kepada Pemprov Kaltim agar seluruh pekerjaan dapat dimaksimalkan, mengingat anggaran tahun 2023 berhasil mencapai Rp17,2 Trilyun.

“Jangan sampai Silpa, anggaran kita ini kan besar. Jadi tolong maksimalkan pekerjaan di 2023 ini agar anggaran kita terserap dengan baik, dan dinikmati masyarakat luas di Kaltim.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.