APBD Kaltim Meningkat, Wakil Ketua DPRD Minta Percepat Program

Sigit : Berbagai Program Harus Maksimal

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Menjadi yang tertinggi dalam sejarah Kaltim, besaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim Tahun Anggaran 2023, diapresiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltim.

Seperti diketahui, dalam masa kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim Isran Noor-Hadi Mulyadi, APBD Kaltim menyentuh angka fantastis, yakni Rp17,2 Trilyun. Dimana pada tahun sebelumnya, hanya mencapai Rp14,87 Trilyun.

Melihat hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo meminta pemerintah untuk mempercepat pembangunan di Benua Etam. Termasuk di dalamnya, percepatan berbagai program kegiatan serta lelang proyek pada tahun 2023 ini.

“Tahun 2023 menjadi tahun terakhir Gubernur Isran Noor dan Wakil Gubernur Hadi Mulyadi sebagai Kepala Daerah, pada Oktober 2023 mendatang. Maka, pembangunan dan program kegiatan harus cepat terlaksana,” tuturnya, Senin (16/1/2023).

Lanjut Sigit, hal ini dalam artian, seluruh pihak berkolaborasi bersama-sama, maksimalkan program-program pembangunan dan bergerak lebih cepat.

Baca Juga :

Bahkan, menurutnya, apabila Pemerintah Provinsi Kaltim menelisik tahun-tahun sebelumnya, pekerjaan yang tidak maksimal akan menyisakan Silpa atau Sisa Lebih Perhitungan Anggaran.

“Tahun ini berbagai program harus maksimal. Mengingat, total APBD Kaltim sangat besar sekitar Rp17,2 Trilyun. Ditahun-tahun sebelumnya, program kegiatan kita menyisakan Silpa yang tidak sedikit,” ucapnya.

Kendati demikian, diakuinya bahwa terdapat beberapa peraturan yang tetap harus diikuti, mulai dari sinkronisasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) hingga realisasinya.

“Semuanya harus mengikuti aturan. Harus dieksekusi secepatnya. Kalau kami selaku DPRD ini hanya bekerja sesuai Tupoksinya saja, yaitu melakukan pengawasan,” beber Sigit yang terpilih dari Daerah Pemilihan Balikpapan.

Politisi Fraksi PAN tersebut mendorong agar seluruh program yang dicanangkan, terus berorientasi kepada masyarakat. Termasuk pengadaan kembali program-program yang belum terlaksana pada tahun sebelumnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.