Sambut Nataru, Kantor SAR Balikpapan Siagakan Personil dan Alut

Melkianus : Tugas Yang Sarat Dengan Nilai-Nilai Kemanusiaan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dalam rangka antisipasi keramaian merayakan Hari Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru), Kantor SAR Balikpapan menggelar Apel Siaga SAR Khusus di halaman Kantor SAR Balikpapan, Senin (19/12) Pukul 08:00 Wita.

Dalam rilis yang diterima DETAKKaltima.Com, Melkianus Kotta selaku Kepala Kantor SAR Balikpapan yang bertindak sebagai pemimpin apel, membacakan amanat dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS).

“Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang akan melaksanakan mudik, pelaksanaan Siaga SAR Khusus tetap melaksanakan prinsip-prinsip Quick Response of SAR dalam merespon setiap bentuk kedaruratan secara professional, sinergi dan millitan. Pelihara dan tingkatkan kesiapan personil, Alut dan peralatan agar kecepatan waktu tanggap (response time) dan waktu tempuh (deployment time) dapat tercapai dengan maksimal, sehingga semakin banyak korban yang bisa diselamatkan apabila dibutuhkan operasi SAR,” kata Kepala BASARNAS dalam amanatnya.

Baca Juga :

Untuk menunjang kelancaran dalam siaga tersebut, Kantor SAR Balikpapan menyiagakan beberapa alat utama (Alut) SAR seperti Rescue Carrier, Rescue Car, Rescue Truck, Truck Personil, Motor Trail, Rescue ATV 8×8, Rigid Inflatable Boat (RIB), Peralatan Medis, Peralatan Selam, Peralatan Ekstrikasi, dan Peralatan Urban SAR.

Selain itu, sebanyak 77 personil disiagakan di Kantor SAR Balikpapan, Pos SAR Kutim, Unit Siaga SAR Samarinda, dan Unit Siaga SAR Berau.

Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 akan dilaksanakan selama 16 hari, yaitu pada tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023. Serta personil yang disiagakan tidak hanya di Posko Kantor SAR Balikpapan saja, tetapi mobile di berbagai tempat wisata, Bandara, dan Pelabuhan yang berada di wilayah kerja Kantor SAR Balikpapan.

“Kepada petugas siaga SAR Khusus Nataru 2022/2023 agar tetap semangat, jaga kesehatan, utamakan keselamatan, dan laksanakan tugas dengan gembira dan penuh kebanggaan. Karena tugas kita ini adalah tugas yang syarat dengan nilai-nilai kemanusiaan.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.