Meski Menang 3 Kali, Tim Catur Kaltim Tetap Gagal Raih Medali di PORWANAS

Peringkat 10 dari 24 Tim, Lukman : Ini Tidak Terlalu Buruk

PORWANAS XIII 2022
Babak Ke-1, Kaltim Vs Bali, poin 1-1 setelah permainan imbang 1 ½ – 1 ½ (foto : Exclusive)

DETAKKaltim.Com, BATU : Pekan Olahraga Wartawan Nasional (PORWANAS) XIII 2022 yang digelar di Malang, Jawa Timur, ditutup Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Atal S Deparidi di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Jum’at (25/11/2022 malam.

Catatan akhir perolehan medali pada PORWANAS XIII 2022 ini menunjukkan Provinsi Jawa Barat berada di puncak dengan mengumpulkan 10 Medali Emas, 10 Perak, dan 4 Perunggu.

Disusul tuan rumah Jawa Timur dengan mengoleksi 7 keping Medali Emas, 3 Perak, dan 4 Perunggu. Di bawahnya bercokol Kalimantan Tengah yang mengumpulkan 3 Medali Emas, 2 Perak, dan 3 Perunggu.

Kontingen Kaltim yang berhasil meraih 1 Medali Perak dan 1 Medali Perunggu, menempati posisi Ke-15, dari 35 kontingen.

PORWANAS XIII 2022
Babak Ke-2, Riau Vs Kaltim, skor 1-2 poin 2 untuk Kaltim. (foto : Exclusive)

Dari 2 Medali yang diraih tersebut, Medali Perunggu direbut dari Cabang Olahraga Bridge. Sedangkan Medali Perak berasal dari Karya Jurnalistik yang dipersembahkan Felanans Felanans Gevrido Yosef Mustari, yang menurunkan tulisan “Merawat Benteng Kehidupan di Pesisir Sendang Biru”.

Cabor Catur yang sempat memberikan asa pada hari Pertama dengan mengumpulkan poin 3 setelah bermain imbang dengan atlet Bali (1 ½ – 1 ½ ) atau meraih Poin 1 pada Babak Ke-1, dan menang lawan Riau pada Babak Ke-2 dengan skor 2-1 (Poin 2), harus menelan pil pahit pada hari Kedua Babak Ke-3.

Atlet Catur Kaltim yang dimotori Lukman, Andi Wibowo dan Abdul Rahman harus takluk dari atlet Lampung dengan skor 3-0 yang sebelumnya juga sukses menggulung 2 Tim tangguh lainnya masing-masing Banten dan Bengkulu dengan skor yang sama.

Asa meraih medali kembali menyala ketika Trio Kaltim berhasil menaklukkan strategi permainan atlet-atlet Sulawesi Selatan, dengan kemenangan impresif 3-0 pada Babak Ke-4 hari Kedua.

PORWANAS XIII
Babak Ke-3, Lampung Vs Kaltim, skor 3-0 poin 0 untuk Kaltim. (foto : Exclusive)

Dari 4 Babak yang telah dimainkan, Atlet Catur Kaltim menempatkan diri pada peringkat Ke-8 dari 24 Provinsi yang mengirimkan atletnya dalam nomor tanding Beregu.

BERITA TERKAIT :

Dengan asumsi bisa memenangkan 2 Babak terakhir akan mengumpulkan 9 poin (Match Point), Tim Catur Kaltim berkeyakinan akan mampu mempersembahkan minimal Medali Perunggu setelah melihat rekam jejak pertandingan Tim Jawa Barat, yang akan dihadapi hanya bermain seri melawan Riau yang ditaklukkan Tim Kaltim pada Babak Ke-2.

Sayangnya, kalkulasi tersebut salah dan harapan untuk mempersembahkan medalipun pupus. Trio Kaltim tak bisa berbuat banyak, pada Babak-5 yang masih digelar di Hall Kartika Hotel El Kartika Batu, Malang. Harus kembali menelan pil pahit untuk yang Kedua kalinya, setelah ditumbangkan pemain-pemain Jawa Barat.

PORWANAS XIII 2022
Babak Ke-5, Jabar Vs Kaltim, skor 3-0 poin 0 untuk Kaltim. (foto : Exclusive)

Lukman takluk di tangan Zakki Saleh meski telah berjuang secara gigih di papan 1 dengan memegang buah hitam pada sekitar menit 21 dari 25 menit waktu yang disediakan dengan penambahan waktu (increament) 10 detik, setelah papan 2 yang dimainkan Andi Wibowo dengan memegang buah putih takluk terlebih dahulu dari Iwan Jiwan Tidin. Pun papan Ke-3 yang mainkan Abdul Rahman juga telah tumbang lebih awal dari Dadang Sutarjan.

Meski mampu membukukan kemenangan telak 3-0 atas Tim Bengkulu yang menambah poin Kaltim menjadi 7, namun perjuangan Trio Kaltim tetap saja gagal mempersembahkan medali pada PORWANAS XIII 2022 ini.

Tim Kaltim hanya mampu mencatatkan nama daerahnya di papan klasemen akhir pada pertandingan di peringkat Ke-10, dengan poin 7 di bawah Kalsel di peringkat 1 dengan poin (12), berturut-turut Kalteng (10), Sumut (9), Lampung (8), NTB (8), dan Jatim (8).

Meski poin Jabar, DKI Jakarta, dan Riau sama dengan Kaltim (7), namun secara Head to Head Tim Catur Kaltim kalah dari 3 ketiga Provinsi tersebut.

PORWANAS XIII 2022
Babak Ke-6, Kaltim Vs Bengkulu, skor 3-0 poin 2 untuk Kaltim. (foto : Exclusive)

“Kita tetap puas dengan pencapaian ini, berkaca pada minimnya persiapan ditambah pengalaman tanding yang dimiliki para pemain. Ini tidak terlalu buruk, kita berharap ke depan bisa lebih baik lagi dengan persiapan yang lebih matang,” kata Lukman selaku Kapten Tim yang juga pernah turun di PORWANAS XII Jawa Barat 2016.

Dalam sambutannya sebelum menutup perhelatan olahraga para Jurnalis itu, Ketua PWI Pusat Atal S Deparidi mengatakan mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang bersedia menjadi Tuan Rumah PORWANAS tahun 2022 ini, sehingga Malang Raya dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan perhelatan olahraga bagi Jurnalis yang berlangsung 21 – 25 November 2022.

“Saya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur, khususnya kepada Ibu Khofifah Indar Prawangsa selaku Gubernur serta teman – teman, termasuk Pemerintah Daerahnya. Sebab, melaksanakan Porwanas ini tidak mudah. Awalnya hajat Porwanas XIII tahun 2022 ini, akan dilaksanakan di Surabaya, namun terakhir final dialihkan ke Malang Raya, yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang dan Kota Batu,” ujar Atal yang dikutip dari media satumejamedianews.id. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.