Legislator Kutim Dorong Pemerintah Hadirkan Puskesmas Plus di Pelosok

Novel : Saya Lihat Sudah Baik

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) Novel Tyty Paembonan mendorong Pemerintah Daerah menghadirkan Puskesmas Plus di wilayah pelosok. Meski begitu, ia memuji kinerja Pemerintah Daerah di Bidang Kesehatan, khusunya pada segi fasilitas penunjang pelayanan kesehatan masyarakat.

“Saya kira teman-teman sudah tahu, pemerintah sudah cukup baik menyiapkan sarana Puskesmas. Itu sudah lebih sesuai dengan aturan kesehatan. Bangunan sudah bukan kayu lagi, tapi sudah beton,” ujar Novel saat ditemui beberapa waktu lalu.

Ruangan-ruangannyapun, lanjut dia, tidak sembarangan, melainkan ada aturannya. Penempatan ruangan laboratorium misalnya, harus sesuai dengan standar yang ada.

“Ini saya lihat sudah baik,” terang politisi yang berlatar belakang seorang Dokter itu.

Novel menyarankan, agar bangunan yang sudah baik ditunjang pula dengan manajemen yang baik.

“Ketersediaan obat, pelayanan kesehatan, harus terjamin agar masyarakat betul-betul merasakan,” ujarnya.

Baca Juga :

Selain itu, Politisi Partai Gerindra ini mendorong Pemkab Kutim untuk menghadirkan Puskesmas Plus bagi masyarakat, khususnya yang berada di daerah pelosok. Selanjutnya, Puskesmas ini nantinya dilengkapi tenaga medis yang memadai, seperti kebidanan, anak, bedah, dan penyakit dalam.

“Dengan adanya Puskesmas Plus ini masyarakat tidak lagi kerepotan menempuh perjalanan yang cukup jauh, ketika mereka ingin berobat karena sudah memiliki Puskesmas yang lengkap,” jelasnya.

Terkait ketersediaan tenaga Kesehatan saat ini, Novel menilai sudah cukup. Meski status mereka masih ada yang Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) dan honor.

“Saat ini yang saya tahu tenaga kesehatan kita, itu sampai ke tingkat Desa. Sampai hari ini menurut saya itu sudah cukup, hanya status tenaga kesehatan ini masih ada yang TK2D ada yah masih honor.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: ADV/DPRD Kutim

Editor: Lukman

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.