Anggota DPRD Kutim Minta Perusahaan Kedepankan Keselamatan Pekerja

Basti : Harus Dapat Mengedepankan Keselamatan

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Anggota DPRD Kutai Timur (Kutim) Basti Sanggalangi meminta setiap perusahaan, khususnya yang ada di Kutim baik pada Sektor Perkebunan, Pertambangan dan lain-lain harus dapat mengedepankan keselamatan para pekerja yang ada.

Dia mengatakan, ada banyak kejadian para pekerja yang hilang nyawa di saat bekerja. Hal ini tentu diakibatkan berbagai faktor, seperti kurangnya kedisiplinan karyawan dalam menaati aturan maupun alat-alat yang digunakan tidak memenuhi standar untuk dioperasikan.

“Setiap perusahaan harus dapat mengedepankan keselamatan para pekerjanya. Banyak yang bisa dilakukan, apabila terkait kedisiplinan ada baiknya diberlakukan standar kompetensi SDM, dan terkait alat yang digunakan harus diperhatikan apakah itu memenuhi standar,” ucapnya, Minggu (20/11/2022).

Baca Juga :

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mencontohkan, seperti yang terjadi di Kutim tepatnya di Bengalon, bahwa kecelakaan kerja yang dialami oleh karyawan perusahaan. Ini patut menjadi pembelajaran bagi perusahaan yang ada, khususnya di Kutim agar tidak mengalaminya.

Menurutnya, pada dasarnya setiap pekerjaan itu memiliki resiko besar terlebih pada perusahaan Perkebunan maupun Pertambangan yang tentu bisa kapan saja terjadi. Namun, hal itu dapat diantisipasi semenjak dini dengan memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan keselamatan.

Di sisi lain, untuk menjamin resiko yang tidak dapat diprediksi oleh para pekerja, setiap perusahaan harus mendaftarkan seluruh karyawan sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.

Hal ini, kata dia, wajib dilakukan perusahaan mengingat itu sudah ditentukan oleh Perundang-Undangan.

“BPJS Ketenagakerjaan ini penting sebagai jaminan sosial bagi pekerja. Jadi, perusahaan harus mendaftarkan seluruh karyawannya. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mereka memiliki jaminan. Saya juga mengingatkan kepada seluruh pekerja, agar senantiasa berhati-hati dalam bekerja.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV DPRD Kutim

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.