Politisi PDIP Balikpapan Respon Keluhan Warga Soal Air Bersih

Sorot Kinerja PDAM, Suwanto : Jangan Dijadikan Alasan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Permasalahan air bersih di Kota Balikpapan masih menjadi persoalan yang selalu dikeluhkan warga masyarakat Balikpapan.

Hal ini menjadi persoalan Pemerintah Kota dalam memenuhi kebutuhan air bersih, sehingga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan meminta kejelasan terhadap pihak PDAM atas keluhan warga Balikpapan.

Ketua Komisi 2 DPRD Kota Balikpapan Suwanto mengatakan, adanya keluhan warga yang masuk laporannya kepada Komisi 2 sudah terlalu banyak. Hal ini tidak dapat dipungkiri, kebutuhan air bersih belum sepenuhnya dirasakan masyarakat Balikpapan.

“Kami sangat berharap dengan perubahan Direksi PT MB, dapat memberikan perubahan dan menjalankan tugasnya sebagaimana yang telah dipercayakan Wali Kota Balikpapan H Rahmad Mas’ud,” kata Suwanto, Senin (14/11/2022).

Ada laporan terbaru yang diterima sering matinya air, karena adanya kerusakan dan kebocoran air PDAM akibat usia yang sudah 30 tahunan belum dilakukan pergantian.

“Mestinya pihak PDAM sudah bisa mengatur cara untuk memperbaikinya mana yang sudah waktunya untuk diganti, dan tidak menimbulkan kematian air yang berkepanjangan,” tegas Suwanto.

Baca Juga :

Suwanto lanjut ke permasalahan pemasangan baru air PDAM. Politisi PDIP ini menyebutkan, ada yang namanya program MBR yang diperuntukkan bagi warga masyarakat berpenghasilan rendah, itupun bertahun-tahun belum juga terealisasi.

“Jangan dijadikan alasan bahwa ketersediaan air baku yang tidak mencukupi, cari solusi banyak cara yang harus dilakukan,” tegasnya.

Ketika ditanya soal data warga yang mendaftar melalui MBR, lanjut Suwanto, pihak PDAM tidak pernah memberikan data-data tersebut kepada DPRD Balikpapan saat rapat mitra Komisi 2.

“Kami akan memanggil pihak terkait untuk membahas permasalahan ini di Komisi 2, sesuai dengan RPJMD Wali Kota Balikpapan 80% harus bisa dipenuhi kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan air bersih.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.