Ketua Komisi 4 DPRD Kaltim Harap Atlet Catur Harumkan Nama Bumi Etam

Reza : Ke Depan, Kemungkinan Kaltim Ingin Memiliki Sekolah Catur

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Seleksi Terbatas Atlet Kejurnas Catur tahun 2022 yang dilaksanakan Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kaltim, disebutkan Ketua Percasi Kaltim Akhmed Reza Pachlevi berjalan sukses.

Dua Papan terakhir Babak Ke-7 yang berlangsung alot pada Seleksi Terbatas Kejurnas 2022. (foto : LVL)
Dua Papan terakhir Babak Ke-7 yang berlangsung alot pada Seleksi Terbatas Kejurnas 2022. (foto : LVL)

Dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, Reza yang juga duduk sebagai Ketua Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim mengatakan, Percasi Kaltim telah melaksanakan seleksi untuk Kejurnas nanti. Meski belum ada kepastian tentang pelaksanaan Kejurnas tersebut.

“Kejurnas ini kan direncananya bulan November di Jakarta, namun belum ada info lebih lanjut. Ada info terbaru bulan Februari (2023), namun kita sudah mempersiapkan atlet-atlet kita untuk bertanding di Kejurnas nanti,” jelas Reza yang dikonfirmasi melalui Telepon Selulernya, Senin (31/10/2022) malam.

Seleksi ini, kata Reza, dilakukan secara terbuka yang diikuti atlet senior dan yunior dipimpin Pelatih Sugeng Prayitno.

Pada intinya kita bersyukur, mudah-mudahan nanti ke depan atlet-atlet Catur di Kaltim ini bisa mengharumkan nama Kalimantan Timur di Kejurnas maupun di event-event lainnya,” jelas Reza.

Reza mengungkapkan, pada Kejuaraan Catur Internasional Asian Youth Chess Championships (AYCC) 2022 di Bali beberapa waktu lalu. Dua atlet Kaltim dari Balikpapan dan Samarinda yang menjuarainya. Selain itu, sejumlah nama dari Kaltim yang terlebih dahulu telah muncul di tingkat nasional dan internasional.

“Harapan kita tetap memberikan pembinaan dan pelatihan untuk menambah jam terbang kepada atlet-atlet, untuk tetap semangat bertanding dan menjaga permainannya,” jelas Reza.

Ke depan, jelas Reza, Percasi Kaltim akan menyusun program kerja dengan meminta masukan-masukan dari Kabupaten/Kota. Karena selain pembinaan atlet-atlet, juga ada pelatihan kepada para pelatih.

Jadi bukan hanya kepada atletnya saja, pelatihnya juga harus kita pikirkan. Kemungkinan juga ke depan, Kaltim ingin memiliki Sekolah Catur. Seperti daerah lainnya, sehingga perlu di-support oleh pemerintah dan juga pihak-pihak lainnya,” jelas Reza.

Baca Juga :

Sebelumnya, Ketua Panitia Seleksi Terbatas Kejurnas 2022 Sugeng Prayitno yang dikonfirmasi usai penyerahan hadiah kepada para pemenang mengatakan, kegiatan seleksi berjalan lancar tanpa kendala yang berarti.

“Tujuan kegiatan ini adalah penguatan Tim Kaltim untuk Kejurnas di Jakarta nanti,” jelas Sugeng, Minggu (30/10/2022).

Iapun mengungkapkan rasa senangnya, karena yang muncul adalah anak-anak muda.

“Tujuan saya terpenuhi, karena memang ingin regenerasi ke depan,” jelasnya.

Seleksi ini, diungkapkan Sugeng diikuti atlet-atlet dari Berau, Paser, Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Kutai Timur.

Adapun pemenang disebutkannya, juara 1 dari Balikpapan, juara 2 dari Samarinda, juara 3 Balikpapan, dan juara 4 dari Balikpapan.

Terhadap yang masuk dari seleksi ini, Sugeng berharap bisa masuk dalam tim bayangan Pra PON 2023. Karena itu harus terbentuk secepatnya tahun 2023, untuk persiapan menghadapi Zona Kalimantan sekitar bulan Mei 2023.

“Jadi kita bentuk Squad Kaltim secepatnya, insya Allah ada waktu mereka untuk melawan.” tandasnya.

Seleksi Terbatas Atlet untuk mengikuti Kejurnas 2022 ini dimulai Sabtu (29/10/2022) hingga Minggu (30/10/20202) di Pondok Tereza, Jalan Abdul Wahab Syahrani, Samarinda.

Mereka yang menduduki 5 peringkat teratas pada seleksi ini masing-masing Pertama Ramadhan, Kedua Rizwan Fahrony, Ketiga Muhammad Sultan, Keempat Ramadhani, dan Kelima Wahban dari Berau. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.