Ciptakan Kader Militan, DPD PDIP Kaltim Road Show Gelar PKP

Setelah Kubar, Menyasar Mahulu

DETAKKaltim.Com, KUTAI BARAT : Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus menggeber agenda Pendidikan Kader Pratama (PKP) di Kabupaten/Kota seluruh Kaltim.

Teranyar, partai besutan Megawati Soekarnoputri tersebut melaksanakan PKP I Tahun 2022 di Kantor Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Mahakam Ulu, 11-12 Oktober 2022.

Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim Iswandi dalam pembukaan PKP di Mahulu yang dihadiri Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai Veridiana Huraq Wang, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan serta Pengurus Badiklatda sebagai Tim Supervisi Kegiatan Martin Apuy. (foto : Exclusive)
Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim Iswandi dalam pembukaan PKP di Mahulu yang dihadiri Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai Veridiana Huraq Wang, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan serta Pengurus Badiklatda sebagai Tim Supervisi Kegiatan Martin Apuy. (foto : Exclusive)

Kegiatan ini hanya berselang beberapa hari dari yang dilaksanakan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat (Kubar), yang digelar di Gedung PKK Pemkab Kubar, 7-9 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut diIkuti pengurus dan anggota yang belum mengikuti PKP, dibuka Wakil Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPD PDI Perjuangan Kaltim Iswandi.

Hadir dalam pembukaan Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai Veridiana Huraq Wang, Wakil Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan serta Pengurus Badiklatda sebagai Tim Supervisi Kegiatan Martin Apuy.

Dari Pengurus DPC PDI Perjuangan Kubar dihadiri jajaran pengurus. Ketua FX Yapan, Sekretaris Ipin dan Bendahara Ridwai, yang juga merupakan Ketua DPRD Kabupaten Kubar.

Dalam materi yang disampaikan, FX Yapan yang kini menjabat sebagai Bupati Kubar menyampaikan kepada peserta PKP untuk bersama-sama menciptakan nilai-nilai positif kepada masyarakat, sebagaimana yang dimaksudkan butir-butir dalam Pancasila.

Tetap solid berjuang, menangis dan tertawa bersama rakyat,” kata Yapan.

Yapan juga menyampaikan kepada peserta yang telah mengikuti PKP, diharapkan setelah mendapatkan predikat sebagai kader untuk lebih giat lagi memperkuat basis-basis kepartaian.

“Karena Pemilu 2024 PDI Perjuangan Kabupaten Kutai Barat harus menang. Tetap menjadi DPC partai pelopor yang memiliki 3 kekuatan. Yaitu, Kepala Daerah, Ketua DPRD, dan Struktur Organisasi yang solid,” tegasnya.

BERITA TERKAIT :

Pada pelaksanaan PKP di Mahakam Ulu (Mahulu), Ketua DPC PDI Perjuangan Mahulu Juan Jenau menjelaskan di Mahulu target peserta 100 minimal tahun ini, kalau bisa 200 orang peserta.

“Kami bagi menjadi 3 zona. Jadi sekarang kita baru mulai di zona 1. Peserta kita 35, 35, 30. Syukurlah di sini sampai 35. Tercapai target di Dapil 1,” ungkap Juan, Rabu (12/10/2022).

Lebih lanjut Juan menjelaskan, kegiatan PKP kembali akan dilaksanakan pada bulan November di Dapil 2, dan Desember Dapil 3.

Jauhnya posisi Mahulu disikapi Juan sebagai sebuah tantangan, iapun menekankan agar jangan hanya mencari yang enak-enak terus.

Terkait PKP yang digelar, ia ingin orang masuk PDI Perjuangan karena benar-benar ingin, bukan karena dibayar.

“Jadi kalau kita rekrut anggota, harus kita beri bekal dulu dengan pendidikan. Apa itu PDI Perjuangan, sejarahnya seperti apa. Dan kemudian asasnya apa. Jadi sebelum masuk PDI harus paham dulu,” jelasnya.

Jangan sampai mereka masuk PDIP, lanjut Juan, hanya ikut-ikutan. Sehingga sedikit saja digoyang lari sana-sini.

“Jadi kita ingin anggota yang kita ikutkan Pendidikan Kader Pratama betul-betul militant,” tegas Juan yang telah menjadi anggota PDI Perjuangan sejak tahun 1997, dan sudah menjadi anggota DPRD selama 4 periode.

Setelah kegiatan PKP ini, Juan menarget Pemilu Legislatif 2024 di Mahulu dapat meraih 7 kursi. Pada Pemilu lalu berhasil meraih 4 kursi, ia berharap ada penambahan 1 kursi tiap Dapil.

“Udah pasti Pemilu kemarin kita dapat 4 kursi. 4 kursi itu sudah 20 persen dari anggota. Makanya saya maju kemarin jadi Bupati. Kita akan pertahankan 4, dan kita target akan tambah 1 setiap Dapil. Jadi tambah 3 total 7,” bebernya.

Politisi senior PDI Perjuangan di Mahulu ini berharap, kader yang telah mengikuti PKP menjadi militan. Mereka harus berjuang memenangkan Pileg, Pilkada, Pilpres. Untuk mengubah dinasti yang ada.

“Kita harus menangkan dulu itu semua. Kalau kita tidak menang, percuma kita teriak-teriak. Nggak ada gunanya. Jadi kader yang militan untuk memenangkan Pileg, Pilpres dan Pilkada.” tegasnya menandaskan.

Kegiatan PKP yang digelar PDI Perjuangan Kaltim telah menyasar sejumlah DPC, di antaranya Samarinda, Balikpapan, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

Kegiatan yang menjadi agenda nasional PDI Perjuangan ini, diketahui masih akan terus berlanjut ke Kabupaten/Kota lainnya di Kaltim. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.