Wakil Rakyat di Karang Paci Respon Wacana Konversi Kompor Listrik

Samsun : Ketersediaan Listrik Kita Yang Harus Terjamin

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun merespon ide pemerintah yang ingin mengkonversi Kompor Gas ke Kompor Listrik.

Menurut wakil rakyat yang berkantor di Kantor DPRD Kaltim Karang Paci itu, akan menjadi bagus jika ketersediaan listrik sudah terjamin.

“Ketersediaan listrik kita yang harus terjamin. Kalau ketersediaan listrik kita ini sudah over power, saya pikir menjadi hal yang bagus kalau kemudian menjadi energi hemat,” kata Samsun, Sabtu (24/9/2022).

Karena itu ia berpandangan, perlu dicermati lagi adalah bahan baku listrik apa yang digunakan saat ini. Apakah menggunakan energi baru dan terbaharukan, atau energi fosil.

Baca Juga :

Jika masih menggunakan energi fosil, sebutnya, seperti tenaga Diesel dan sebagainya tentu memiliki keterbatasan yang semakin lama menyebabkan high cost (harga tinggi).

Namun jika energi listrik saat ini yang digunakan ialah energi baru terbaharukan, seperti tenaga matahari maka akan menjadi lebih hemat.

“Jadi pemerintah perlu memastikannya bahwa jaringan listrik sudah benar-benar di set di Kaltim. Kalau masih byar-pet, lalu misalnya pada saat masak dan listrik padam tentu ini menjadi kendala baru,” ungkapnya.

Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kutai Kartanegara ini menegaskan, perlu menghitung mana yang lebih tinggi biaya listrik atau dengan Gas.

“Kalau biaya listrik tetap lebih tinggi maka yakin, tidak akan diminati masyarakat.” tandas Samsun yang berasal dari Fraksi PDI Perjuangan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/ib/ADV./DPRDKaltim)

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.