Kadishub Sorot Jalur Transportasi Darat di Wilayah Utara Kaltim

Yudha : Seharusnya Sudah Beraspal

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Akses jalan di wilayah utara Kalimantan Timur (Kaltim) masih memprihatinkan, hal ini seperti diakui Yudha Pranoto, Kepala Dinas Perhubuhan (Kadishub) Provinsi Kaltim.

Ditemui di perayaan Hari Perhubungan, Yudha mengatakan untuk transportasi di wilayah utara Kaltim, pihaknya telah memberikan masukan kepada Dinas Pekerjaan Umum dan Pemukiman Rakyat (PUPR), terkait dengan pembangunan akses jalan darat  di jalur utara Kaltim.

“Karena memang kita sadari bersama, kalau daerah yang agak jauh dari pusat pemerintahan, itu jarang dilihat dalam tanda kutip selalu terlambat dalam hal pembangunan,“ beber Yudha menjelaskan permasalahan jalan jalur di utara Kaltim tersebut, Sabtu (17/9/2022).

Yudha berharap, selama ia masih berdinas di Dishub Kaltim bisa menggerakkan Dinas PUPR untuk membangun jalan di kawasan utara Kaltim.

“Tapi mudah-mudahan selama saya masih ada di Dinas Perhubungan ini, kita akan terus menggerakkan kawan-kawan kita di PUPR untuk terus membangun jalan-jalan di daerah utara, seperti di daerah perbatasan di Kabupaten Mahakam Hulu (Mahulu),“  terangnya.

Lebih lanjut Yudha menjelaskan, pembangunan akses jalan di perbatasan Kalimantan Timur sesungguhnya sangat penting untuk konektivitas jalan, dengan harapan bisa menjadi jalur logistik penuh, yang tidak hanya membuka keterisoliran atau mengkoneksikan wilayah saja.

Baca Juga :

Namun juga secara bertahap jalan darat di perbatasan, pada masa yang akan datang dapat terjadi perpindahan sebagian besar moda transportasi dari Sungai ke Darat.

“Karena memang kalau di wilayah utara, terus terang banyak jalan yang sudah tidak layak. Hal ini karena jalur baru di utara masih banyak yang tanah, menurut hemat saya masih harus kita bangun lagi. Jalur-jalur yang seharusnya sudah jalan Aspal, terlebih jalan perbatasan di utara Kaltim, seperti di wilayah Kabupaten Mahulu yang banyak Sungai.“ tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my/Adv.Kominfo

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.