Dilaporkan Hilang di Sedulang, PMK PT MKH Turut Mencari Sabran

Pencarian Hari Ketiga Diperluas Tim SAR Gabungan

DETAKKaltim.Com, MUARA KAMAN : Tim SAR Gabungan kembali melanjutkan pencarian terhadap Sabran alias Boyon (60), yang dilaporkan hilang di Desa Sedulang, Kecamatan, Muara Kaman, Kutai Kertanegara (Kukar), Kaltim.

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, hari ini Kamis (22/9/2022) Pukul 07:07 Wita, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Balikpapan Melkianus Kotta mengatakan Tim SAR Gabungan melaksanakan Briefing Pencarian mulai Pukul 07:00 Wita.

Operasi pencarian Tim SAR Gabungan yang dibagi dalam 3 Search Rescue Unit (SRU) ini digelar, setelah operasi pencarian hari Ke-2 sehari sebelumnya hingga Pukul 18:00 Wita target belum juga ditemukan.

“SRU I, Tim SAR Gabungan melaksanakan penyisiran dengan menggunakan kendaraan R2 dari titik terakhir pencarian (Tracking), menuju timur sejauh 40 Km dengan menggunakan Motor Trail Basarnas dan kendaraan milik warga,” jelas Melkianus.  

Sedangkan SRU II dan III, lanjut Melkianus, Tim SAR Gabungan melanjutkan pencarian dengan metode pencarian penyisiran Type-3 dengan membagi 2 Tim ke arah timur sejauh 3 Km dari Titik terakhir pencarian.

Baca Juga :

Sebelumnya, KPP Balikpapan menerima laporan dari Tulus, pegawai Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kukar mengenai hilangnya Sabran, yang beralamat di Menamang Kiri, RT 007, Desa Sedulang, Kecamatan Muara Kaman, Kukar.  Kejadian tersebut dilaporkan, Selasa (20/9/2022) Pukul 09:15 Wita.

Kronologis kejadian dijelaskan, bermula pada hari Sabtu (17/9/2022) sekitar Pukul 12:00 Wita, Sabran keluar dari rumahnya dengan berjalan kaki. Ia diketahui memang mempunyai penyakit linglung atau lupa ingatan.

Sabran berjalan hingga sampai ke Tower titik 0, sempat terlihat oleh warga sekitar dan diajak pulang. Akan tetapi ia tidak mau ikut pulang, dan tetap ingin bertahan di Tower itu.

Salah satu warga yang sempat mengajak pulang, melaporkan kepada keluarganya dan pada akhirnya adiknya menyusul ke lokasi di Tower titik 0. Namun Sabran sudah tidak ada di lokasi, hingga sore hari ia dicari. Tapi tidak diketemukan sampai sekarang. Selanjutnya pihak keluarga melakukan pencarian bersama warga sekitar di area Titik Tower 0.

Mendapat laporan tersebut, KPP Balikpapan memberangkatan Unit Siaga SAR Samarinda ke lokasi kejadian untuk melakukan pencarian, Selasa (20/9/2022) Pukul 09:30 Wita.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam operasi pencarian terhadap Sabran, di antaranya Unit Siaga SAR Samarinda, BPBD KuKar, PMK PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH)  Selatan, PMK PT MKH Utara, Security PT AEK, warga Desa Sedulang, dan keluarga korban. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.