Hari Perhubungan Nasional 2022, Bangkit Maju Bersama

Menhub Apresiasi Sektor Transportasi, Sumbang Pertumbuhan Ekonomi Nasional 5,44 Persen

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Peringatan Hari Perhubungan Nasional setiap tanggal 17 September, untuk tingkat Provinsi Kaltim digelar di halaman Kantor Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim, dengan Inspektur Upacara Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi, Sabtu (17/9/2022).

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi menyampaikan sambutan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, yang mengapresiasi jajaran Dinas Perhubungan di daerah, karena turut membantu perbaikan ekonomi selama pandemi Covid – 19 walau harus menghadapi banyak tantangan.

Dimana menurut Menhub, di tengah masa pemulihan dari pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya bangkit, banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi.

“Namun, kita patut bersyukur, karena Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini,“ ujar Menhub di awal sambutan tertulisnya.

Terutama di sektor Transportasi Nasionalpun menurut Menhub, kebangkitan tersebut  mulai terlihat.

“Dengan data dari Badan Pusat Statstik, menunjukkan jika sektor transportasi  telah memberikan sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional yang mencapai 5,44 persen,“ terang Menhub lagi.

Pencapaian tersebut dinilai harus disyukuri, mengingat walau di tengah kondisi ekonomi global, sektor transportasi dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi Indonesia.

Baca Juga :

Untuk iłu, Menhub  menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh insan transportasi dimanapun berada.

“Baik yang bertugas di Kota, di Desa, di perbatasan hingga di pulau-pulau terpencil, yang telah mengabdi demi menjaga konektivitas di seluruh penjuru negeri,“ tulisnya.

Walau di tengah pencapaian yang baik ini, Menhub mengakui masih banyak hal yang harus dibenahi. Menurutnya, ada banyak pembangunan yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh nusantara.

Dimana ia menyebutkan jika tantangan ini tidak akan bisa dihadapi, tanpa kolaborasi, tanpa sinergi antara pemangku kepentingan di sektor transportasi.

Oleh karena itulah, menurutnya menjadi latar Peringatan Hari Perhubungan Nasional tahun ini, yang mengambil tema “Bangkit Maju Bersama”.

“Kita tidak  akan cepat bangkit, jika kita tidak bersama dan tidak bersatu,” tegas Menhub.

Menutup sambutannya yang dibacakan Wagub Hadi Mulyadi tersebut, Menhub Budi Karya menghimbau untuk mewujudkan kolaborasi yang lebih baik lagi, demi untuk memajukan Transportasi Nasional.

Selain kegiatan upacara, sebagai rangkaian peringatan hari Perhubungan Nasional, Dinas Perhubungan Provinsi Kaltim juga menggelar kegiatan bakti sosial donor darah serta lomba olahraga. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my/Adv.Diskominfo

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.