Danrem 091/ASN Bakar Semangat Mahasiswa Baru STMIK Wicida

Brigjen Dendi : Menuntut Ilmu Bagian dari Bela Negara

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Brigjen Dendi Suryadi Komandan Korem (Danrem) 091/ASN  hadir membakar semangat para mahasiswa STMIK Wicida, pada acara Pengenala Kehidupan Kampus (MBKM) bagi Mahasiswa baru Tahun Akademik 2022/2023.

“Saya orang asli Samarinda, dibesarkan di sini,” kata Danrem singkat sebelum memulai membakar semangat kebangsaan para Mahasiswa baru STMIK Wicida, di Aula STMIK Wicida lantai 2, Jalan M Yamin, Samarinda, Kamis (15/9/2022).

Sebagai anak bangsa, kata Danrem, wajib hukumnya membela negara, saling menghormati satu sama lain, tumbuhkan semangat dan jiwa nasionalisme.

“Membela negara itu tidak saja angkat senjata sebagaimana TNI, tapi menuntut ilmu pengetahuan itu bagian dari bela negara,” kata Danrem lebih lanjut.

Danrem mencontohkan, orang Korea membela negaranya dengan cara tidak mau memakai dan membeli produk luar negeri. Semua produk dalam negeri.

Baca Juga :

“Mereka memakai mobil buatan dalam negeri,” tuturnya di hadapan 200 Mahasiswa baru.

Wawasan kebangsaan adalah konsep yang membedakan Bangsa Indonesia, dengan bangsa-bangsa lain di dunia ini.

“Kita harus mengerti sejarah NKRI, anakku,” kata Danrem.

Karena apa, kata Danrem lebih lanjut, karena ada skenario penghancuran Indonesia. Waspada bahaya laten Komunis di Indonesia.

“Seperti apa skenario mereka? hancurkan ekonomi nasional, buat pertentangan elit politik, suburkan konflik horizontal, peredaran Narkoba dan pecah belah aparat. Bagaimana kita harus bersikap? anak-anakku sekalian harus tahu situasi dan kondisi Negara dan bangsa saat ini, punya wawasan kebangsaan, jiwa nasionalisme dan sikap bela negara,” sebut Danrem.

Pada pesan terakhir Brigjen Dendi, ia menyampaikan peran pemuda dalam bela negara adalah memerangi bahaya Narkoba, tidak menyebarkan berita Hoax dan ujaran kebencian, hidup toleransi, melestarikan budaya.

Selain itu, juga taat akan hukum dan aturan, melaksanakan ketertiban negara, memakai produk dalam negeri, menjaga nama baik bangsa dan negara, berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di bidang ilmu dan olahraga, gotong royong membantu korban bencana, dan mengamankan lingkungan sekitar. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Pajar Pahrudin

Editor Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.