Produk UMKM Lokal Akan Warnai Sail Sangkulirang 2024

Darsafani : Kita Tinggal Menunggu

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melalui Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (Diskop UMKM) akan memberdayakan produk usaha lokal dalam Event Internasional Sail Sangkulirang 2024.

Kepala Diskop UMKM Darsafani mengatakan, pihaknya sudah membahas terkait pemberdayaan produk usaha lokal untuk nantinya diperkenalkan dan dipasarkan ke pengunjung dan wisatawan.

“Terus terang saja di Sail Sangkulirang, Diskop UMKM sudah merencanakan dan mengadakan pertemuan yang berlanjut terus untuk membahas ini,” sebut Darsafani, Jum’at (16/9/2022).

Ia mengungkapkan, Bupati mengarahkan Diskop UMKM agar menghimpun seluruh UKM maupun pengusaha lokal, untuk membangkitkan mereka dengan membuat pemasaran lewat ekspo-ekspo di Sail Sangkulirang.

Diskop UMKM sudah berkoordinasi dengan pihak koordinator, yakni Lanal Sangatta yang nantinya menyusun dan merancang rangkaian acara.

“Kita tinggal menunggu titik-titik mana yang harus dilakukan, atau tempat-tempat mana yang nantinya bisa diadakan ekspo,” ucapnya.

Bocoran dari Darsafani, rangkaian acara Sail Sangkulirang akan digelar di beberapa lokasi, sehingga ekspo produk lokal Kutim bisa dibagi ke berbagai tempat tersebut.

Baca Juga :

Pihaknya juga akan mengundang seluruh pelaku UMKM, termasuk jasa event organizer yang ada di Kutai Timur.

“Termasuk EO seperti Genpro, Aspal, IWAPI, dan pengusaha-pengusaha memiliki kepedulian terhadap UKM. Nantinya kita akan berkolaborasi dengan mereka,” ujarnya.

Penyedia event, lanjut Darsafani, nanti akan dikolaborasikan untuk membuat event-event tersendiri di rangkaian Sail Sangkulirang dengan tetap memberdayakan UKM lokal.

Untuk itu, Darsafani meminta kepada seluruh pelaku usaha baik kuliner, non kuliner, atau jasa agar terus meningkatkan kualitas. Baik produk maupun tampilan, agar bisa berdaya saing di Sail Sangkulirang nantinya.

“Ini kesempatan emas untuk pelaku usaha untuk menampilkan dan mengenalkan produk lokal, yang harus dikemas secara baik agar bisa semakin dikenal dan berdaya saing.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.