100 Orang Ikuti Kegiatan PKP Besutan DPC PDIP Balikpapan

Iswandi : Pendidikan Ini Sudah Ada Kurikulum

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Balikpapan menggelar kegiatan Pendidikan Kader Pratama (PKP), Gelombang 6 Angkatan Pertama Tahun 2022 di Royal Suite Hotel Balikpapan, 10-11 September 2022.

Kegiatan PKP ini diikuti 100 orang pengurus dan anggota PDI Perjuangan Kota Balikpapan, terdiri dari pengurus DPC, PAC, Ranting, Anak Ranting, Badan Partai, Sayap Partai dan Komunitas Juang.

Kegiatan Pembukaan PKP DPC PDI Perjuangan Kota Balikpapan dihadiri Pengurus DPD PDI Perjuangan Provinsi Kaltim, Pengurus DPC PDI Perjuangan seluruh Balikpapan dan Peserta PKP.

Kegiatan PKP yang dilaksanakan merupakan agenda rutin PDI Perjuangan yang bertujuan untuk mencetak kader-kader partai, yang mempunyai legalitas kader secara berjenjang. Kader-Kader Partai yang siap menjalankan perintah partai sesuai AD/ART PDI Perjuangan.

“Jadi Pendidikan Kader Pratama ini diselenggarakan di DPC PDI Pejuangan Kota Balikpapan, tentunya yang menyelenggarakan itu Badan Pendidikan dan Pelatihan Cabang PDI Pejuangan Kota Balikpapan,” ucap Ketua DPC PDIP Kota Balikpapan Budiono.

Budiono berharap pendidikan kader ini membuat seluruh anggota partai yang sudah menerima materi, atau menjadi kader pasti dengan arah dan tujuannya menjadi mantap kader.

“Dalam hal ini nanti dengan mantap 5 kader yaitu mantap ideologi, mantap organisasi, mantap sumber daya, mantap kader, dan mantap program,” harap Budiono yang kini duduk sebagai legislator di Kota Balikpapan.

Ketika kita sudah memiliki 5 mantap kader itu, kata Budiono lebih lanjut, harapannya bisa menjadikan kader-kader yang militan dan bisa merebut kemenangan Pilpres maupun Pileg, dan harapannya juga di Pilkada. Dimana kader-kader partai ditugasin di eksekutif maupun legislatif, nanti bisa menang di tahun 2024.

Baca Juga :

Wakabid Ideologi dan Kaderisasi DPD PDIP Kaltim Iswandi menyampaikan, kegiatan PKP merupakan agenda rutin PDI Perjuangan yang bertujuan untuk mencetak kader-kader partai yang mempunyai legalitas kader secara berjenjang.

“Jadi setelah melaksanakan Pendidikan Kader Pratama, nanti ada Pendidikan Kader Madya yang dilaksanakan oleh DPD PDI Pejuangan, baru nanti ada Pendidikan Kader Utama. Itu yang dilaksanakan oleh DPP, jadi berjenjang mereka,” jelas Iswandi.

PKP, lanjut Iswandi, adalah kegiatan yang memang dilakukan secara kontinyu oleh DPD dan DPC. Tiap-tiap DPC melaksanakan PKP minimal melatih 100 kader setiap tahunnya, dan setiap DPC telah melaksanakannya.

“Untuk hari ini kegiatan PKP ini terlaksana di Balikpapan, Minggu depan Kukar, Minggu depannya Mahulu, jadi ini terlaksana tiap Minggu,” ungkap Iswandi.

Mewakili DPD PDI Perjuangan Kaltim, Iswandi berharap ke depannya kader-kader PDI Pejuangan memahami tentang kepartaian yaitu tentang asas jati diri, watak partai, kemudian menjadi kader-kader yang militan, dan progresif revolusioner. Kader-Kader Partai yang siap menjalankan perintah partai sesuai Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) PDI Perjuangan.

“Jadi pendidikan ini sudah ada kurikulum, standar kurikulum dan materinya. Misalkan Pancasila 1 Juni, kemudian AD/ART partai, kemudian tata kelola partai, Agitasi dan Propaganda, terus analisa sosial politik dan pemetaan, serta kondisi-kondisi ada muatan lokal yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya masing-masing.” tandas Iswandi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.