Diaspora Indonesia Rayakan HUT Ke-77 RI di State Connecticut AS

Rusdi : Ini Telah Dilakukan Dalam Hitungan Lebih 20 Tahun

DETAKKaltim.Com, AMERIKA SERIKAT : Masyarakat perantau atau diaspora Indonesia yang berdomisili di wilayah Negara Bagian (State) Connecticut, Amerika Serikat (AS), berkumpul merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke- 77 Republik Indonesia (RI), Sabtu (20/8/2020).

Tak ada Rotan Akarpun Jadi. Begitulah kira-kira pemikiran panitia Lomba Lari Karung dalam rangka merayakan HUT Ke-77 RI yang digelar diaspora Indonesia di Connecticut, Amerika Serika. Tidak ada Karung, Plastikpun jadilah. Yang penting kemeriahannya dapat. (foto : MSM)
Tak ada Rotan Akarpun Jadi. Begitulah kira-kira pemikiran panitia Lomba Lari Karung dalam rangka merayakan HUT Ke-77 RI yang digelar diaspora Indonesia di Connecticut, Amerika Serika. Tidak ada Karung, Plastikpun jadilah. Yang penting kemeriahannya dapat. (foto : MSM)

Perayaan berlangsung dengan hikmat di halaman Gedung Veteran Amerika Robert Dornfried Sr VFW (Veterans of Foreign Wars), Berlin, Connecticut.

“Hari ini, kami berkumpul dengan suka-cita sambil membawa makanan, minuman, dan kue-kue khas Indonesia. Kami dapat makan-makanan, kue-kue, dan minuman ala Indonesia. Hampir setiap orang bawa makanan dan minuman ala “potluck Amerika,” kata koordinator acara Stephen H Pongoh.

Acara dimulai dengan makan bersama, setiap orang yang bawa makanan, minuman, dan kue-kue meletakkan pada tempat yang telah disediakan, dan bebas mengambil makanan sesuai selera, sisanya boleh dibawa pulang oleh siapa saja.

Rasa kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama perantau dari berbagai profesi dan masa tinggal yang berbeda-beda, ada puluhan tahun dan ada juga baru datang dari Indonesia, kelihatan sangat kental, yang mayoritas memakai baju merah, simbol kecintaan pada merah putih keindonesiaan.

Baca Juga :

Acara dimulai dengan berbaris untuk menyaksikan prosesi upacara seperti halnya di Indonesia, dimulai dengan Laporan Upacara, Penaikan Bendera Merah Putih, Pembacaan Teks Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan RI, Pengarahan Pemimpin Upacara, Pembacaan Doa, Menyanyikan Lagu-Lagu Perjuangan, dan ditutup doa. Acara seremonial HUT RI hari ini disetting oleh Debby Zakka Pongoh.

“Setelah Upacara Bendera, kami mengadakan berbagai lomba, seperti Lomba Lari Karung (plastik hitam) dan Tarik Tambang bagi ibu-ibu dan bapak-bapak, dan lomba mewarnai gambar bagi anak-anak Indonesia dan blasteran, Indonesia-Amerika, misalnya. Semua pemenang mendapatkan hadiah dari Panitia. Pokoknya acara hari ini seru dan bersejarah,” kata Debby.

Dari penuturan Rusdi, diaspora asal Sulawesi Selatan, tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun.

“Tradisi peringatan HUT Kemerdekaan RI seperti hari ini telah dilakukan dalam hitungan lebih 20 tahun, oleh diaspora Indonesia di halaman Gedung Veteran, Berlin, Connecticut,” kata Rusdi Geno, Diaspora asal Sulawesi Selatan yang menikahi putri Amerika 32 tahun lalu di Connecticut. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : M. Saleh Mude/Kontributor AS

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.