Bupati Lantik Asti Mazar Jadi Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim

Ardiansyah : Salah Satu Pilar Pendidikan Bagi Generasi Muda

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Kutim, melantik dan mengukuhkan Kepengurusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) dan Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutim periode 2021 – 2026 di Gedung Serba Guna (GSG) Pemkab Kutim, Kamis (11/8/2022)

Selaku Ketua Majelis Pembimbing  Gerakan Pramuka Kutim, dalam sambutannya, Ardiansyah menyampaikan, bahwa Gerakan Pramuka tetap selalu relevan dengan lajunya perkembangan zaman. Meskipun era globalisasi penuh dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi, namun manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama.

“Oleh karena itu, marilah membangun manusia yang memiliki karakter serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat. Bukan hanya membagun generasi muda cerdas yang menguasai ilmu pengetahuan saja, akan tetapi generasi muda yang tanggap, tangguh kepribadiannya, luhur budi pekertinya, hidup dalam kerukunan, kompak serta selalu bersatu,” tutur Ardiansyah.

Ardiansyah menegaskan, bahwa revitalisasi Gerakan Pramuka adalah merupakan salah-satu pilar pendidikan bagi generasi muda.

“Gerakan Pramuka yang telah dicanangkan adalah merupakan salah-satu pilar pendidikan bagi generasi muda, yang tujuan pokoknya adalah untuk mengaktifkan kembali Gugus Depan (Gudep) sebagai ujung tombak Gerakan Pramuka, memantapkan eksistensi Gerakan Pramuka serta meningkatkan fungsi Gerakan Pramuka,” sebutnya.

Baca Juga :

Orang nomor satu Kutim itu juga menyebutkan, Gerakan Cabang Pramuka Kutim selama 2 tahun berturut-turut telah mendapatkan peringkat tertinggi di Provinsi Kaltim, Yaitu 2 kali menjadi peringkat Pertama sehingga mendapatkan panji-panji keberhasilan dan selanjutnya 3 kali menjadi peringkat Kedua.

“Hal tersebut diraih karena kebersamaan dalam melaksanakan tugas Kepramukaan yang tertuang dalam Undang-Undang. Oleh karenanya, sebagai bentuk perwujudan dari pada pelantikan ini, mari kita melaksanakan tugas dengan baik dan sungguh-sungguh yang telah diamanatkan sebagai anggota majelis, anggota Kwarcab serta pengurus dan anggota dewan kerja Cabang Pramuka,” harapnya.

Wakil Ketua DPRD Kutim Asti Mazar yang baru saja dilantik sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kutim, juga menyebut pelantikan ini sebagai wujud semangat bersama dalam membangun bangsa.

“Bahwa tentunya generasi muda Indonesia tengah menghadapi tantangan global yang dahsyat, perubahan itu nyata kita lihat. Dimasa Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, dengan perubahan-perubahan itu generasi muda menghadapi persoalan yang semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta semua pihak. Termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut,” paparnya.

Hal itu sesuai dengan Tri Satya Pramuka Kedua yang berbunyi menolong sesama hidup dan ikut serta untuk membangun masyarakat. Yang tentunya dengan tujuan yang mulia, Pendidikan Kepramukaan untuk membentuk kepribadian yang tangguh, disiplin, berakhlak mulia, mempunyai kecakapan, taat hukum serta mempunyai modal spirit untuk terus berkarya dan berbakti.

“Untuk itu perlu upaya meningkatkan inovasi kegiatan dan materi pelatihan serta pemberdayaan Kwarcab yang sistematis, terencana dan berkelanjutan. Saya berharap dengan pelantikan ini merupakan upaya memanfaatkan organisasi, sistem manajemen dan sumberdaya yang tetap membangkitkan kembali gairah kegiatan kepramukaan di Kabupaten Kutai Timur khususnya.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.