Channa Lovers Gelar Kontes Ikan Channa di Kota Samarinda

Rian : Kita Lombakan Ada Empat Kelas

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komunitas Samarinda Channa Lovers Ikan, menggelar kontes serta latihan bersama cara merawat Ikan Channa, di Jalan Adi Sucipto Palaran, Samarinda Seberang, Minggu (7/8/2022) pagi.

Selain kontes dan latihan bersama merawat Ikan Channa, kegiatan ini juga bertujuan untuk memperingati Hari Ulant Tahun (HUT) Ke-77 Kemerdekan Republik Indonesia (RI).

“Yang kita lombakan ada empat kelas Ikan Channa, yakni Auranti, Maru Lokal, Maru Juve Dan Blue Pulcra. untuk peserta ada sekitar 55, dan paling jauh ada dari Kota Berau,” kata Rian Budianto, Ketua Panitia Pelaksana.

Rian juga sedikit menjelaskan, Ikan Channa atau biasa dikenal Ikan Gabus sejenis dengan Ikan Haruan, peminatnya khususnya di Kota Samarinda masih terbilang kurang. Berbeda dengan Pulau luar Kalimantan.

“Channa ini masih tergolong Ikan Gabus atau pada umumnya orang hanya tahu Ikan Haruan, tapi untuk asalnya memang berbeda. Ada yang dari Indonesia, tepatnya di Kalbar yaitu Maru Yellow Sentarum. Dan ada yang dari India Maru Auranti, Myanmar Blue Pulcra, serta banyak lagi jenisnya” jelas Rian.

Baca Juga :

Salah satu peserta bernama Satrio yang telah mengikuti Kontes Ikan Chana mengatakan, sangat senang Kontes Ikan Channa mulai digelar. Meskipun masih tergolong jarang, terlebih saat ini bukan hanya kontes namun ada pelatihan bersama.

“Alhamdulillah saya senang, khususnya di Kota Samarinda ini telah mulai kontes. Meskipun berbeda dengan luar Kaltim, yang sudah ramai dengan kontes dan kelasnyapun banyak,” ucap Satrio

Meski terbilang peminat Ikan Channa di Kota Samarinda masih minim, seluruh komunitas yang ikut meriahkan kontes yang dimulai sejak tanggal 6-7 Agustus 2022 berharap, Ikan Channa dapat dikenal masyarakat luas khususnya di Kota Samarinda.

“Harapan kami sebagai Keepers Ikan Channa ini dapat dikenal masyarakat luas, khususnya Kota Samarinda. Dengan begitu, saya yakin dapat meningkatkan nilai ekonomi bagi penjual-penjual Ikan Channa.” tutup Satrio. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Mashardiansyah

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.