Resmi Ditutup, Perputaran Uang di Bazar UMKM Kutim Capai Rp2,2 Milyar

Bupati Kutim: Masyarakat Mampu Majukan Ekonomi

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Bazar Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang dihelat di Pasar Induk Sangatta (PIS) telah resmi ditutup Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman, Minggu (7/8/2022) malam.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kutim Darsafani yang sekaligus sebagai Ketua Panitia menyebutkan, pihaknya telah menggelar bazar tersebut selama 8 hari sejak 1 Agustus hingga 8 Agustus.

Menurutnya, kegiatan tersebut digelar dalam rangka merayakan HUT Koperasi serta membangkitkan kembali ekonomi setelah dilanda pandemi Covid-19.

Darsafani melaporkan, dalam sepekan perputaran Uang selama bazar sebanyak Rp2,2 Milyar.

“Dari hasil laporan EO atau penyelenggara jika transaksi dari 1 Lapak dalam sehari sekitar 1,3 Juta sampai 3 Juta, jadi jika dikalkulasikan per hari perputaran uang sekitar Rp200 Juta per harinya hingga sepekan capai 2,2 Milyar Rupiah,” sebut Darsafani.

Berita Terkait :

Darsafani juga menyebut, dengan lancarnya perputaran Uang tersebut menandakan bahwa perekonomian warga sudah mulai bangkit setelah pandemi.

“Semoga ke depan kami mampu lagi menggelar bahkan jika diijinkan akan kami keliling ke 18 Kecamatan,” ungkap Darsafani.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, bahwa kelompok bisnis UMKM dengan berbagai macam jenis usahanya telah terbukti mampu menjalankan kegiatan ekonomi produktif.

“Di sinilah perlu adanya desain (gambaran) pembangunan UMKM yang komprehensif, serta efisien dengan memperhatikan perkembangan situasi di masyarakat,” katanya.

Dikatakan, bahwa kunci penting untuk menjadikan bisnis UMKM semakin kuat di bumi Untung Banua (sebutan Kutim), adalah mewujudkan peran serta Pemerintah Daerah dalam mendukung bisnis UMKM.

“Alhamdulillah, pelaku ekonomi dan masyarakat merasa terjembatani dengan adanya kegiatan ini (bazar), sehingga perputaran ekonomi tidak hanya dimiliki kelompok tertentu, tapi juga masyarakat,” sebut Ardiansyah.

Orang nomor satu di Kutim itupun sangat mendukung ketika OPD-OPD, untuk melakukan event.

“Event apapun itu baik budaya, keagamaan, olahraga, pariwisata, saya berharap selalu melibatkan UMKM. Apalagi jika ada wacana akan berkeliling ke Kecamatan-Kecamatan, tentu saya sangat mendukung karena sudah terlihat hasilnya, ada perputaran ekonomi.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.