Sengketa Lahan di Juwata, Saksi Sebut Tahu Tanah Milik Nawawi Chandra

Sidang Lanjutan Keterangan Saksi Sengketa Lahan di Juwata Tarakan

DETAKKaltim.Com,TARAKAN : Sidang Gugatan Nawawi Chandra terhadap Haryanto Direktur PT Artha Buana Continental Tergugat 1,  PT Artha Borneo Continental Tergugat 2, Notaris Oeij Jian Hia SH turut Tergugat, dan PT Tarakan Chip Mill (TCM) Tergugat Intervensi di Pengadilan Negeri (PN) Tarakan masih terus bergulir, Kamis (28/7/2022).

Dalam sidang Perkara Nomor 54/Pdt.G/2021/PN.Tar yang dipimpin langsung Ketua PN Tarakan Achmad Syarifudin SH MH didampingi Abdul Rachman Thalib SH dan Anwar WM Sagala SH. Kubu Tarakan Chip Mill melalui kuasanya Hendra Leo SH terus mencecar saksi Agus Salim sebagai makelar karena dinilai tak sependapat dengan peta lokasi yang diperlihatkan Tergugat intervensi dalam Persidangan.

“Katakan bahwa peta ini tidak sesuai dengan lokasi yang saksi makelar ketahui,” kata Hendra Leo membuat Kuasa Hukum Nawawi Chandra Jafar Nur SH angkat suara memprotes, sehingga Ketua Majelis pun mengingatkan bahwa saksi bukan makelar.

Terlepas sebutan yang diarahkan kepada saksi Agus Salim sebagai makelar, menurutnya, lokasi yang diklaim PT TCM sebagai tanah milik Nawawi Chandra ia ketahui.

“Saya tahu karena tanah milik Nawawi Chandra bersebelahan dengan lahan milik Edy Supiyanto, yang disuruh saya urus dan jaga,” kata Agus.

Menurut Agus, tahun 2020 patok-patok di sana habis hilang dicabut orang. Sementara Mr Chu (Ju Gwo Fen, WN Malaysia, Red) sendiri orang yang menjual kepada PT TCM setiap kali ditanya selalu mengatas namakan Siti Sahara isterinya.

BERITA TERKAIT :

“Siti Sahara sendiri jika ditanya jawabannya selalu tidak tahu,” kata Agus.

Makanya Agus Salim mengatakan, lahan yang diklaim PT TCM diperoleh dari Mr Chu sebagai tanah milik Nawawi Chandra. “

Saya tahu itu tanah Nawawi karena berbatasan dengan tanah milik Edy Supiyanto yang disuruh saya jaga,” kata Agus Salim.

Ketika ditanya berapa luas lahan milik Nawawi Chandra, Agus menjawab, tidak tahu.

“Tahun 2017 TCM pasang patok di tanah milik Apiau (Edy Supiyanto, Red) bos saya. Ketika saya melakukan pengecekan, Robinson anak buah Nawawi Chandra bercerita, di lahan milik Nawawi Chandra juga TCM memasang patok.” kata Agus. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : SL. Pohan

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.