Kesatria Rimba Latihan Menembak Untuk Menjaga Kelestarian Hutan

Joko Istanto : Polhut Adalah Kesatria Rimba

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur (Dishut Kaltim) Joko Istanto memuji peran Polisi Kehutanan (Polhut) dalam mengamankan Kawasan Hutan.

Hal tersebut disampaikan Joko Istanto pada acara pembukaan kegiatan Latihan Menembak oleh Polhut, yang berlangsung di Batalyon B Pelopor SAT-BRIMOB POLDA Kaltim, Senin (1/8/2022).

Menurut Joko Istanto, Polisi Kehutanan memiliki motto yaitu Budhi Bhakti Wirawana. Yang artinya Kesatria Rimba yang Berdedikasi Tinggi dan Berakhlak Mulia. Motto tersebut sesuai dengan peran Polhut yang selama ini memiliki peran besar, dalam melindungi dan mengawasi Kawasan Hutan.

“Kita adalah kesatria-kesatria rimba yang bisa diandalkan menjaga kelestarian Hutan Kalimantan Timur,” ujar Joko Istanto dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem Haji Susilo Pranoto.

Lebih lanjut Joko Istanto mengatakan, Polhut harus terus meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya demi mendukung tugas fungsi perlindungan dan pengamanan Kawasan Hutan. Baik kemampuan teknis maupun fisik, oleh karena itu kemampuan penggunaan Senjata Api juga merupakan salah satu upaya Dinas Kehutanan dalam meningkatkan kemampuan teknis bagi Polhut.

BERITA TERKAIT :

“Kemampuan seorang Polhut harus terus ditingkatkan untuk menunjang tugas dan fungsi dalam menjalankan tugas di lapangan, mencegah dan mengurangi kerusakan Hutan, Kawasan Hutan dan hasil Hutan. Yang terutama disebabkan oleh perbuatan manusia, baik secara individu maupun terstruktur, serta mempertahankan dan menjaga hak-hak negara, masyarakat, dan perorangan atas Hutan, Kawasan Hutan, hasil Hutan, investasi serta perangkat yang berhubungan dengan pengelolaan Hutan,” kata Joko Istanto.

Joko Istanto yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Rehabilitasi Hutan Lahan ini berpesan kepada para anggota Polhut, untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan baik melalui pembelajaran mandiri maupun melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh instansi terkait.

Selain itu, ia juga menekankan agar Polhut selalu siap-siaga dalam upaya mengamankan dan melindungi Hutan dari berbagai gangguan keamanan terhadap Hutan, Kawasan Hutan serta hasil Hutan.

“Kepada Satuan Brimob dan para Instruktur dari Batalyon B Pelopor SAT-BRIMOB POLDA Kalimantan Timur, kami ucapkan terima kasih telah berkenan memberikan fasilitas untuk latihan ini, dan berbagi pengetahuan serta pengalaman sehingga meningkatkan keterampilan anggota Polhut kami.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.