Pimpin PMI Kutim, Wabup Kasmidi Targetkan Punya Gedung Sendiri

Kasmidi : Masih Menyewa

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Setelah melewati beberapa tahapan prosedur pergantian, akhirnya Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) masa bakti 2022-2027 dilantik.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua PMI Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sayid Irwan, di Hotel Victoria, Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur.

Wakil Bupati (Wabup) Kutim Kasmidi Bulang yang baru dilantik menjadi Ketua PMI Kutim, mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar tergabung dalam organisasi kemanusiaan tersebut.

“Mari tetap tergabung dalam kegiatan organisasi kemanusiaan ini. Karena ini merupakan pekerjaan sosial kemanusiaan, yang adalah panggilan jiwa kita semua,” ucap Kasmidi saat memberikan sambutan, Senin (25/7/2022) malam.

Setelah dilantik, Kasmidi berharap para pengurus yang merupakan kolaborasi pengurus baru dan pengurus lama itu, agar bisa maksimal lagi dalam bekerja.

Sebab menurutnya, banyak program kegiatan PMI dalam kegiatan sosial kemanusiaan yang bisa direalisasikan.

Ia juga mengucap syukur meskipun sempat tertunda akibat pandemi, PMI Kutim tetap giat melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusian bahkan bekerja sama dengan negara lain.

“Alhamdulillah, walaupun sempat molor pelantikan karena Pandemi Covid-19, tetapi kegiatan sudah berjalan terus. Seperti kegiatan kerja sama Indonesia dengan Korea,” ujarnya.

Baca Juga :

Kerja sama tersebut juga dijalankan sampai ke Kabupaten, mulai dari tingkat pelajar hingga mahasiswa.

Pihaknya menerjunkan para relawan PMI, terdiri dari para Mahasiswa STIPER Kutim dan STAIS Kutim serta STIE untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, berkaitan dengan penanggulangan bencana.

“Kegiatan kerja sama Korea dan Indonesia ini juga akan diturunkan hingga ke Kecamatan-Kecamatan dan akan menjadi kegiatan rutin kita (PMI-Kutim),” ujarnya.

Kasmidi menambahkan, bahwa tahun ini PMI Kutim mendapat bantuan dari CSR PT KPC sebanyak Rp500 Juta.

Dana tersebut diperuntukkan kegiatan awal yaitu land clearing (persiapan lahan pembangunan), Markas PMI yang selama ini belum memiliki gedung sendiri.

“Sebab selama ini, PMI belum memiliki gedung sendiri dan masih menyewa, serta bangunan belum standar,” ujarnya.

Untuk itu, Markas PMI Kutim nantinya menjadi PR besar bagi pengurus yang baru karena seyogyanya PMI wajib memiliki gedung yang standar, karena berkaitan dengan penyimpanan stok darah.

Adapun susunan Pengurus PMI Kabupaten Kutim masa bakti 2022-2027, Ketua Kasmidi Bulang, Wakil Ketua merangkap Bidang Organisasi Padliansyah, dan Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Moch Misbachul Choir.

Kemudian Ketua Bidang Yankessos dan UDD dr Setyadi, Ketua Bidang Relawan Istadi, Ketua Bidang Pengembangan Sumber Daya Irma Yuwinda, dan Ketua Komunikasi Uud Sudihardjo.

Selanjutnya Sekretaris Wilhelmus Wio Doi, Bendahara Siti Fatimah, Anggota Bidang Organisasi Agustinus Wangge, Anggota Bidang Penanggulangan Bencana Daniel Tiku, Anggota Bidang Yankessos dan UDD Nurkholis, Anggota Relawan Ichwan Syarif, Anggota Bidang Pengembangan Hajrah dan Anggota Bidang Komunikasi Rudi Hartono. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.