7.700 Mangrove Ditanam Antisipasi Abrasi di Pesisir Pantai Kenyamukan

Ardiansyah : Mendukung Ekonomi Biru

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Dalam rangka memperingati Hari Mangrove Sedunia tahun 2022, Lanal Sangatta bersama Pemerintah Kutim melakukan penanaman 7.700 Pohon Mangrove di Pantai Kenyamukan, Selasa (26/7/2022).

Penanaman Pohon Mangrove ini juga menggandeng stakeholder, salah satunya PT PAMA serta siswa-siswi SMKN 2 Sangatta.

Mangrove merupakan salah satu tanaman yang dapat menyerap karbon 5 sampai 10 kali lebih banyak dibandingkan pepohonan tropis lainnya. Mangrove juga mampu menahan arus Laut dan mencegah abrasi.

Danlanal Sangatta Letkol Laut (P) Shodikin menyampaikan, kegiatan penanaman Mangrove tersebut merupakan program dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di 77 lokasi pangkalan Angkatan Laut, untuk serentak melaukukan penanaman Mangrove secara massal.

“Di Kutim, dilaksanakan di Pantai Kenyamukan dengan menanam 7.700 bibit Pohon Mangrove. Karena banyaknya pohon yang ditanam, dan melihat sikon, sudah dua hari yang lalu penanaman sudah dimulai,” sebutnya.

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan, penanaman 7.700 Pohon Mangrove ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap upaya pelestarian ekosistem Mangrove.

Baca Juga :

“Selain itu, untuk memulihkan dan merehabilitasi lahan pesisir melalui kegiatan menanam pohon secara massal oleh masyarakat,” katanya.

Orang nomor satu di Kutim itu menerangkan, penanaman Mangrove serentak merupakan upaya pelestarian ekosistem Mangrove juga untuk merehabilitasi kembali lahan pesisir.

“Pelestarian ekosistem Mangrove akan mendukung ekonomi biru. Ekonomi biru (blue economic) adalah pemanfaatan berkelanjutan Sumber Daya Laut untuk pertumbuhan ekonomi, meningkatkan mata pencaharian dan pekerjaan serta kesehatan ekosistem Laut. Ekonomi biru mencakup banyak kegiatan, mulai dari Transportasi Laut, Perikanan, penggunaan energi terbarukan, pariwisata hingga perubahan iklim,” jelasnya.

Menurut Ardiansyah, peringatan Hari Mangrove sedunia tahun 2022 di Kutim berupa gerakan penanaman 7.700 Pohon Mangrove yang diinisiasi Lanal Sangatta. Hal ini tentunya dalam rangka penyelamatan Pantai, dan sebagai upaya untuk merehabilitasi lahan dan pelestarian ekosistem di wilayah pesisir.

“Kampanye gerakan penanaman Mangrove diharapkan dapat mengajak masyarakat terutama generasi muda, untuk lebih mencintai lingkungan dengan menanam Mangrove.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/ADV Diskominfo

Editor: Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.