Diaspora Internasional KKSS Siap Gelar Dialog dengan Tokoh-Tokoh Sulsel

Syamsul : Kita Mulai Mendata Diaspora Asal Sulawesi Selatan

DETAKKaltim.Com, NEW YORK : Minggu (24/7/ 2022) pagi waktu East Coast Amerika dan Kanada, sore waktu Timur Tengah, Belanda, dan Jerman, dan malam Senin waktu Indonesia, sejumlah pionir diaspora asal Sulawesi Selatan yang kini bermukim di luar negeri mengadakan pertemuan secara online melalui Zoom.

Acara ini digagas Departemen Hubungan Internasional Badan Pengurus Pusat (BPP) Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Intiar Dekrit Bakhtiar, mantan diplomat karir di Kementerian Luar Negeri RI dan kawan-kawan.

Pertemua dihadiri Wakil Ketua Umum BPP KKSS yang membawahi Departemen Hubungan Internasional Syamsul Munir, yang dipandu M Saleh Mude.

Enam perwakilan diaspora asal Sulawesi Selatan adalah Ida Rafiqah dari Ottawa, Kanada. Diandra Rauch dari Munchen, Jerman. Asri Aidid dari Karachi, Pakistan. Syamsu Alam Darwis dan Ismail Nur dari Kairo, Mesir. Sunarti dari Belanda, dan M Saleh Mude dari Hartford, Connecticut, Amerika Serikat.

“Kita mulai mendata diaspora asal Sulawesi Selatan yang tersebar di seluruh dunia. Pertemuan berikutnya, kita mau undang saudara-saudara kita dari Afrika Selatan, Australia, Prancis, dan lain-lain. Kita ingin menjalin komunikasi dan kerja sama dengan mereka, seperti yang digagas oleh Dino Patti Djalal, Indonesian Diaspora Network (IDN), dilanjutkan dengan melihat peluang kerja sama dengan saudagar-saudagar KKSS yang tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri, sekaligus kita ingin membentuk organisasi diaspora Bugis jika dipandang penting,” kata Syamsul Munir.

Baca Juga :

“Melalui hubungan komunikasi antar-diaspora asal Sulawesi Selatan, kita bisa menggagas rumah Diaspora KKSS di Kanada, Eropa, atau Timur Tengah. Seperti yang kini digagas oleh teman-teman diaspora di Amerika, IHNY (Indonesian House of New York), sekaligus melihat potensi hubungan dagang dengan Pemerintah Provinsi dan Kadin Sulawesi Selatan,” harap Intiar.

Pada pertemuan itu, semua perwakilan diaspora Sulawesi Selatan sepakat ingin terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang digagas oleh BPP KKSS, dan berharap dapat difasilitasi untuk menggelar Pertemuan Silaturahmi dan Berdialog dengan tokoh-tokoh asal Sulawesi Selatan seperti Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden. Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian. Andi Sudirman Sulaiman, Gubernur Sulawesi Selatan. Andi Iwan Darmawan Aras, Ketua Kadin Sulawesi Selatan. Muchlis Patahna, Ketua Umum BPP KKSS, dan lain-lain.

Acara Silaturrahmi dan Dialog Diaspora Internasional secara online via Zoom ini direncanakan pada 20 Agustus 2022, sekaligus sebagai bukti kecintaan pada “Negeri Tercinta” kendatipun mereka sudah ada puluhan tahun berdomisili di luar negeri. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : M Saleh Mude/Kontributor AS

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.