BREAKINGNEWS! ABK TB Blue Dragon 12 Ditemukan Tewas

Tim Penyelam Menemukan Korban Terjebak di Kamar ABK

DETAKKaltim.Com, SEPAKU : Erol Samallo (60), Mekanik Operasional Kantor TB Blue Dragon 12 yang dilaporkan hilang saat terjadi kebakaran akibat ledakan saat dilakukan pengelesan di Buritan TB tersebut ditemukan Tim SAR Gabungan dalam kondisi meninggal dunia, Senin (25/7/2022) Pukul 11:45 Wita.

“Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban dalam keadaan MD (Meninggal Dunia-red) atas nama Erol Samallo, dengan penyelaman di sekitar LKP (lokasi kejadian) kedalaman +/- 6 m pada posisi 0°57’57.7″S 116°47’12.7″E,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan Melkianus Kotta dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com pada Pukul 12:43 Wita.

Setelah ditemukan, mayat Erol Samallo selanjutnya dibawa ke RS Bhayangkara Balikpapan dengan Menggunakan Ambulance.

Berdasarkan ketarangan tambahan yang diperoleh dari anggota Tim Basarnas Unit Rescue Balikpapan diketahui, korban Erol Samallo terjebak di dalam Kamar Anak Buah Kapal (ABK).

BERITA TERKAIT :

Sebelumnya, melansir informasi yang diterimanya dari Kasat Polairud Penajam, Melkianus mengatakan menerima laporan kejadian TB Blue Dragon 12 mengalami kebakaran dengan POB 10 orang. 9 orang dalam kondisi selamat dan 1 orang masih dalam pencarian di Anak Sungai Semoi, Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)

Berdasarkan keterangan yang diperoleh dari agen Kapal, Melkianus menjelaskan kronologis kejadian. Sabtu (23/7/2022) Pukul 16:30 Wita, Kapal Tag Boat (TB) Blue Dragon 12 yang berasal dari Madura sedang berlabuh di Perairan Anak Sungai Semoi/Sungai Sigren, di samping Tongkang Sea Dragon 2712 untuk menunggu antrian bongkar muat Batubara di Pelabuhan Semoi Prima Lestari (SPL), yang rencana setelah muat akan berlanjut ke Muara Berau.

Kapal TB Blue Dragon 12 berlabuh sejak hari Rabu (20/7/2022) Pukul 20:00 Wita. Kemudian Sabtu (23/7/2022) Pukul 16: 00 Wita, dilaksanakan pengelasan pada Buritan Kapal oleh mekanik dari kantor  beserta 1 orang perwakilan owner.

“Pada Pukul 16:30 Wita tiba-tiba terjadi ledakan pada Kapal TB Blue Dragon 12 yang diduga berasal dari bagian tengah Kapal, dan mengakibatkan Kapal terbakar dan kemudian tenggelam di Anak Sungai Semoi/Sungai Sigren,” jelas Melkianus lebih lanjut.

Mendapat laporan tersebut, Kantor Basarnas Balikpapan memberangkatkan Tim Rescuer berjumlah 6 orang untuk melakukan pencarian.

Perkembangan terakhir menyebutkan, data korban yang semula disebutkan 9 orang selamat 1 orang dalam pencarian, berdasarkan informasi terakhir diketahui berjumlah 12 orang. 11 orang selamat dan 1 orang dalam pencarian atas nama Eroll Samallo (60), jabatan  Mekanik Operasional Kantor.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian terhadap korban di antaranya Rescuer Kantor SAR Balikpapan, Polsek Sepaku, Polairud Penajam, Lanal Balikpapan, KPLP Balikpapan, Tribrata TV Polri,  Pemuda Pancasila PPU, dan Tim Medis PPU. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.