Plt Bupati PPU Tandatangani MoU Kerja Sama dengan USD

Hamdam Yakin Kerja Sama Membawa Manfaat Bagi PPU

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Kesepakatan kerja sama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dengan Universitas Sanata Dharma (USD) resmi  ditandatangi oleh kedua belah pihak. Baik  Pemda PPU maupin pihak USD yang digelar di Kantor Bupati PPU, Senin (18/7/2022) siang.

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati PPU Hamdam mengatakan, pada prinsipnya kerja sama ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di kabupaten PPU. Apalagi telah diketahui bersama perihal ini masih menjadi salah satu persoalan, khususnya dalam rangka mempersiapkan diri untuk menyongsong Ibukota Negara (IKN) yang baru.

Oleh karenanya, kata Hamdam, Pemerintah Kabupaten PPU melihat persoalan ini tidak akan tinggal diam. Tetapi memang harus ada langkah cepat untuk memberikan solusi, bagaimana persoalan tersebut dapat teratasi dengan baik. Salah satunya adalah dengan adanya kerja sama bersama sejumlah universitas di Indonesia, termasuk USD yang memang telah menawarkan kerja sama dalam rangka peningkatan SDM di Kabupaten PPU itu.

Alhamdulillah pada hari ini kita sudah sampai pada proses penandatanganan MoU antara Pemerintah Kabupaten PPU, dengan Universitas Sanata Dharma. Kami yakin kerja sama ini akan membawa manfaat bagi Pemda PPU khususnya, dalam rangka memberikan dukungan banyak hal termasuk upaya Pemda terhadap persoalan-persoalan yang katanya dalam tanda kutif SDM kita masih tertinggal,“ kata Hamdam.

Baca Juga :

Rektor USD  Albertus Bagus Laksana saat ditemui usai kegiatan ini mengatakan, pihaknya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah  Kabupaten PPU yang telah memberikan kepercayaan kepada USD.

Terkait kerja sama ini, kata dia, Plt Bupati PPU telah menyampaikan perihal itu dan meminta kepada USD agar bisa berperan dalam rangka peningkatan SDM di Kabupaten PPU. Termasuk juga bisa berperan aktif, dalam membangun banyak hal yang dibutuhkan di Kabupaten PPU.

“Dan hari ini alhamdulillah kami bisa datang dan menandatangani MoU ini, sehingga langkah-langkah kami selanjutnya lebih konkret dengan dinas-dinas tertentu di PPU. Kemudian kehadiran kami juga semakin jelas dan lebih nyata dalam berkoordinasi dengan pemerintah PPU. Makanya kami merasa senang dan bersyukur, serta ucapan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten PPU,“ ungkapnya.

Terkait kerja sama ini, lanjutnya, pihaknya tidak terburu-buru untuk membangun Kampus. Tetapi pada prinsipnya pihaknya harus hadir terlebih dahulu di tengah-tengah masyarakat, untuk berdinamika di sana. Kemudian melihat kebutuhan-kebutuhan masyarakat di PPU, dengan tujuan  ketika suatu saat Kampus tersebut telah terbangun pihaknya telah hadir dan dikenal bersama masyarakat luas.

“Kami datang tidak ingin langsung menawarkan kampus dengan program study tertentu, tetapi datang untuk melihat dulu kebutuhannya apa. Kemudian memberikan masyarakat dalam hal lain, baru selanjutnya nanti kami bersama-sama mendirikan Kampus dengan program study yang tepat. Paling tidak kami telah mampu berperan bagi masyarakat PPU, nantinya walaupun kecil tetapi cukup dikenal masyarakat,“ bebernya.

Hadir dalam kegiatan penandatanganan Mou ini, Asisten I Bidan Pemerintahan Pemkab PPU, Shodikin, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga PPU Alimuddin, Kepala Bagian Pembangunan Nicko Herlambang, Kepala Bagian Hukum Pitono dan sejumlah pejabat dari jajaran Universita Sanata Dharma. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Humas6/Pemkab PPU

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.