Legislator Balikpapan Sorot Lambatnya Pengadaan Pakain Seragam Sekolah Gratis

Parlindungan : Proses Lelangnya Saja Belum

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Penerimaan seragam gratis untuk siswa didik baru SD dan SMP tahun 2022- 2023 mengalami keterlambatan, sehingga menjadi sorotan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan, Rabu (13/7/2022).

Menindaklanjuti hal ini, anggota Komisi 4 DPRD Kota Balikpapan Parlindungan Sihotang menyampaikan, terkait masalah seragam sekolah sudah lama dibahas melalui Program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), harusnya semua sudah dipersiapkan dari awal.

“Anggaran seragam sekolah nilainya tidak sedikit, semuanya harus dibahas mulai dari spek hingga besaran anggaran yang disetujui,” jelas Parli kepada awak media.

Baca Juga :

Menurut politisi Partai Nasdem Kota Balikpapan ini, seluruh orang tua murid dan pelajar berharap untuk mendapatkan seragam gratis ini.

“Kita tidak tahu sampai kapan seragam sekolah gratis ini bisa terealisasi, proses lelangnya saja belum. Bahkan akan dilakukan uji lab,” katanya.

Terkait uji lab tersebut, ia mengatakan harus dilakukan agar sesuai standarisasi sehingga layak digunakan anak-anak sekolah.

“Masalah seragam sekolah harus dilakukan uji lab terlebih dahulu, setidaknya ikuti standarisasi yang ada, selagi nyaman digunakan anak-anak dan layak,” jelasnya.

Parlindungan membeberkan anggaran seragam sekolah gratis yang diketahui Rp19,6 Milyar bergeser menjadi Rp23 Milyar. Ada kemungkinan penambahan siswa yang cukup besar, patokan anggaran yang akan diajukan nantinya akan dibawa ke Provinsi dengan dasar atas Program Diknas.

“Jika seragam sekolah gratis ini dapat direalisasikan pada bulan September, maka orang tua  harus menunggu waktu yang cukup lama. Pastinya pihak sekolah akan memerintahkan untuk segera membeli terlebih dahulu, sambil  menunggu seragam gratisnya.” ungkapnya menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.