Konjen RI di New York Siap Mengundang Saudagar Bugis Makassar

Arifi : Pihak Konjen RI Siap Memfasilitasi

DETAKKaltim.Com, NEW YORK : Pejabat Konsulat Jenderal (Konjen) RI untuk wilayah New York, Amerika Serikat (AS) Arifi Saiman mengagumi dan merasa dekat dengan komunitas diaspora (passompe’) asal Indonesia, khususnya dari Sulawesi Selatan (Sulsel).

Demikian disampaikan Arifi Saiman saat mendapat kunjungan silaturrahmi dari warga Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), yang bermukim di New York, Minggu (10/7/2022).

Saya mengenal dan dekat dengan orang-orang asal Sulsel, dan sebagian mereka kini telah berhasil di New York. Seperti Pak Syaiful Hamid dan Sitti Hajar, Ketua dan Sekretaris KKSS New York, termasuk Ibu Hasniaty Hasan Musa. Gelombang awal perantau asal Sulsel di Amerika ini adalah Pelaut,” kata Arifi Saiman ketika ditemui di rumah dinasnya (Wisma RI) di kawasan elit Scarsdale, New York.

Iapun berharap diaspora asal  Sulsel dapat mengubah mindset mereka ketika tiba di Amerika ini, menjadi saudagar (pengusaha), bukan pekerja atau buruh selamanya.

“Orang Sulsel ini memiliki gen, bakat, dan spirit sebagai pengusaha,” lanjut Arifi.

Baca Juga :

Di pinggiran Kota New York ini, lanjutnya, terdapat 2 Pelabuhan besar, Brooklyn dan Connecticut. Ia berharap pada festival tahun ini ada peserta dari Sulsel yang datang.

“Saya berharap dalam festival tahun ini atau tahun-tahun mendatang ada peserta dari Sulsel, lebih lengkap jika ada Kapal Pinisi,” sebutnya.

Selai itu, ia juga berharap ada Restoran Seafood yang dirintis dan dikelola oleh orang-orang KKSS supaya ada tempat berkumpul dan saling menopang, untuk menjalankan roda organisasi KKSS yang aktif mengadakan silaturrahmi.

“Pihak Konjen RI siap memfasilitasi kunjungan pengusaha dari Kadin Sulsel, misalnya,” pungkas Sang Konjen yang dinilai akrab dengan hampir semua diaspora Indonesia di bawah wilayah tugas kerjanya, New York dan grup New England. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : M Saleh Mude/Kontributor AS

Editor   : Lukman

  • Tulisan ini adalah rangkuman dari hasil silaturrahmi M Saleh Mude, Mahasiswa Program PhD dengan Dr. Arifi Saiman, Konsulat Jenderal RI, Minggu (10/7 2022).
Leave A Reply

Your email address will not be published.