Warta Ekonomi Apresiasi 95 Perusahaan dengan CSR Terbaik

Ihsan Sebut Memiliki Andil Dalam Pengentasan Kemiskinan

DETAKKaltim.Com, JAKARTA : Indonesia masih belum terlepas dari persoalan kemiskinan. Berdasarkan Berita Resmi Statistik No. 07/01/Th. XXV yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Stastik (BPS) pada 17 Januari 2022, jumlah penduduk miskin di Indonesia tercatat sebanyak 26,5 juta per September 2021.

Angka ini memang mengalami penurunan dari data sebelumnya di Maret 2021 yang sebesar 27,54 juta, namun hal tersebut tidak menghilangkan fakta bahwa Indonesia masih menghadapi problem kemiskinan.

Oleh karena itu, dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengatasi masalah tersebut. Dukungan ini perlu menggunakan prinsip kolaborasi pentahelix yang melibatkan berbagai sektor, seperti pemerintah, akademisi, media massa, masyarakat, serta pelaku usaha.

Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com group Siberindo.co, Senin (4/7/2022) mengatakan, para pelaku usaha atau dalam hal ini sektor swasta, memiliki andil yang berpengaruh pada upaya pengentasan kemiskinan di Tanah Air, salah satunya melalui program Corporate Social Responsibility atau CSR.

“Kita memerlukan perhatian khusus agar masyarakat miskin dan difabel serta orang-orang kurang beruntung lainnya bisa mendapatkan CSR,” kata Pemimpin Redaksi Warta Ekonomi Muhamad Ihsan, dalam sambutannya di ajang penghargaan Indonesia CSR Awards 2022, Kamis (30/6/2022).

Mengusung tema “Increasing Responsibility to Build a Sustainable Business”, Warta Ekonomi memberikan penghargaan kepada 95 perusahaan yang memiliki program CSR terbaik. Gelaran ini mendapat apresiasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Baca Juga :

Dalam kesempatan yang sama, Staf Ahli Menteri Bidang Energi KLHK Winarni D Monoarfa mengungkapkan, tema yang diangkat oleh Warta Ekonomi sangat strategis karena fokus pada prinsip bisnis berkelanjutan. Dia berharap dengan adanya inovasi sosial dari konsep CSR, dapat turut berkontribusi dalam pencapaian pembangunan nasional.

“Tentunya kita berharap selaras bersinergi dengan pencapaian tujuan berkelanjutan dalam rangka mengurangi kemiskinan, meningkatkan kesehatan, menjamin daya dukung lingkungan hidup, serta kesetaraan gender, peran perempuan, dan kemitraan global untuk pembangunan. Apa yang dilakukan Warta Ekonomi pada kegiatan hari ini mengeaskan, bahwa tidak ada satupun yang tertinggal,” ujar Winarni.

Ia menambahkan, Semoga pelaksanaan Indonesia CSR Awards 2022 dapat memberikan kontribusi yang nyata terhadap pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

Secara terperinci, daftar perusahaan yang mendapatkan penghargaan Indonesia CSR Awards 2022 dari Warta Ekonomi adalah sebagai berikut :

Kategori : Agribisnis

  • PT Astra Agro Lestari Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Social and Community Development
  • PT Austindo Nusantara Jaya Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Community Economic Empowerment
  • PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Providing Community Food Needs
  • PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Commitment and Dedication to Social Community Welfare
  • PT Sampoerna Agro Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Supporting Community’s Basic Needs
  • Asian Agri sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Providing Innovative Community Economic Empowerment
  • PT Dharma Satya Nusantara Tbk sebagai Indonesia Best CSR Award 2022 with Outstanding Program in Sustainable Human Resources and Environment Development.

Sejumlah kategori lainnya lagi di antaranya ; Industri Energi dan Pertambangan, Industri Dasar dan Kimia, Minyak dan Gas, Industri Kesehatan, Bank Konvensional, Multifinance, Asuransi Jiwa, Asuransi Umum, Industri Properti dan Konstruksi, Otomotif, Industri Perdagangan Ritel, Transportasi, Industri Infrastruktur, Industri Elektronik, Industri Makanan dan Minuman, Yayasan, dan kategori Informasi, Teknologi, dan Komunikasi.  (DETAKKaltim.Com)

Sumber  : Rilis

Editor    : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.