Realisasi Rencana Pembangunan Desa Mandiri di Kaltim Tunggu Anggaran

Wacana Setiap Kabupaten Akan Miliki Satu Desa Mandiri

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Desa Mandiri adalah sebuah Pilot Project yang direncanakan oleh Pemprov Kaltim untuk setiap Kabupaten, ke depannya akan ada satu Desa yang memang statusnya Desa Mandiri.

Wacana Desa Mandiri ini seperti yang diungkapkan M Syirajudin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (PMPD) Provinsi Kaltim kala ditemui di ruangannya, Senin (6/6/2022).

“Kita sudah lengkap semua aspek ketiga ketahanan yang jadi penilaian, yakni aspek Sosial, aspek Ekonomi, dan aspek lingkungan. Dan ini bisa menjadi percontohan untuk Desa-Desa yang lainnya, karena setiap Kabupaten akan adakan satu rencana pilot project bagi pembangunan Desa Mandiri,“ kata Syirajudin.

Untuk itu Syrajudin berharap, mudah-mudahan bisa didukung anggaran sehingga tahun depan bisa terlaksana.

“Namun kami masih berhitung untuk anggarannya, karena kita tidak bisa gunakan dana Desa yang peruntukannya sudah ditentukan dari Pusat,” imbuhnya.

Ia menerangkan, dana Desa itu ada tiga komponen di dalamnya. Yakni komponen sosial  dasar, kemudian ekonomi, dan lingkungan.

Baca Juga :

“Di dalam kegiatan-kegiatan tiga komponen tadi, seperti untuk BLT (Bantuan Langsung Tunai). Namun itu beda dengan BLT Dinas Sosial. Dana Desa juga miliki BLT yang hampir 40%  penggunanya, diarahkan untuk BLT,“ sebutnya lebih lanjut.

Dana Desa juga untuk pengendalian Covid-19, lanjutnya, untuk ketahanan pangan dan untuk kegiatan infrastruktur seperti pembangunan jalan Desa, lapangan olahraga dan pembuatan parit. Atau untuk pembuatan Embung, Pengairan dan kegiatan lain dari infrastruktur yang melibatkan masyarakat Desa dengan pekerja orang Desa semua.

“Nah itu peruntukan dana Desa, yang tidak bisa digunakan bagi pilot project Desa Mandiri ini, sehingga Desa mandiri butuh anggaran tersendiri.“ pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.