Plt Sekdaprov Kaltim Terima Konjen Jepang Takeyama Kenichi

Reza Ingin Kerja Sama Lebih Ditingkatkan

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Plt Sekdaprov Kaltim Riza Indra Riadi menerima kunjungan Konsul Jendral (Konjen) Jepang, Takeyama Kenichi di Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (8/6/2022).

Sebagaimana disampaikan Kepala Bira Adpim Setda Pemprov Kaltim M Syafranuddin dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Riza dalam pertemuan singkat itu mengharapkan, kerja sama antara Pemprov Kaltim dengan Pemerintah Jepang yang saat ini sudah terjalin dapat lebih ditingkatkan dan diperkuat.

“Saya berharap kerja sama Kaltim dengan Jepang ini dapat meningkat dan semakin kuat,” tutur Riza.

Riza mengatakan, dipilihnya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara (IKN) baru, akan membawa dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, tidak hanya di Kaltim tetapi juga wilayah lain di Kalimantan dan Sulawesi.

Baca Juga :

“Kita bersyukur tahun 2023, pemerintah pusat akan menganggarkan Rp30 Triliun untuk pembangunan IKN,” ujar Riza.

Anggaran sebesar itu, menurut Riza, setara dengan tiga kali dengan APBD Kaltim. Saat ini, Kaltim masih dihadapkan dengan persoalan konektifitas antar wilayah dan infrastruktur jalan yang masih banyak mengalami kerusakan.

“Kita berharap kerja sama dengan Jepang dapat menyasar masalah ini, karena yang kita tahu bantuan Jepang banyak terfokus di wilayah Jawa saja,” katanya.

Takeyama Keninchi mengatakan, tujuan kunjungan ke Kaltim untuk bersilaturrahmi dengan jajaran Pemprov Kaltim. Karena ia baru beberapa bulan menjabat sebagai Konjen Jepang, yang berkedudukan di Surabaya.

“Kami ingin bersilaturrahmi dan memperkenalkan diri selaku Konjen baru kepada pejabat Kaltim, karena Kaltim adalah salah satu wilayah kerja kami,” kata Takeyama.

Selain itu, Takeyama akan menghadiri Peresmian IGD Puskesmas di Long Kali, Kabupaten Paser, yang merupakan bantuan hibah Pemerintah Jepang untuk pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis/gie

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.