Disdik Kukar Targetkan 100 Persen PPDB Secara Online Bagi SMPN

Kusrani : Untuk Mempermudah

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) ada 105 Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) yang tersebar di 18 Kecamatan, dari sekolah tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kukar menargetkan 100 persen menggunakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan melalui Kepala Seksi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Kusrani kepada DETAKKaltim.Com, di ruang kerjanya, Senin (23/5/2022).

“Tujuan PPDB online untuk mempermudah siswa maupun orang tua siswa, serta mengedukasi masyarakat,” jelas Kusrani.

Lebih lanjut dijelaskan Kusrani, dalam sistem PPDB tahun ajaran 2022/2023 ada 4 jalur sistem. Yaitu, Sistem Zonasi dengan kuota 50 persen ,dimana dalam penerapannya mengutamakan peserta didik yang berada di lingkungan sekitar Sekolah.

Baca Juga :

Sedangkan untuk sistem Afirmasi, kuota penerimaannya 15 persen. Yaitu diprioritaskan bagi peserta didik kurang mampu.

Untuk sistem yang Ketiga yaitu sistem Mutasi dengan kuota 5 persen, dan yang Keempat yaitu sistem Prestasi dengan kuota 30 persen. Dimana sistem prestasi dibagi menjadi dua, yaitu prestasi secara akademik dan prestasi non akademik.

“Bagi wilayah Kecamatan yang susah jaringan internet, yaitu wilayah hulu, pihak Disdik Kukar akan bekerja sama dengan Diskominfo Kabupaten Kukar dalam PPDB online untuk tahun ajaran 2022/2023. Dengan tujuan untuk mempermudah mengakses jaringan internet di wilayah yang susah dijangkau internet.” pungkaanya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Nur Alim

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.