Peralihan ke TV Digital, 30 Ribu Set Top Box Gratis Dibagikan

Kuota Tidak Terpenuhi, Data KPM-PKH Capai 64.242 KK

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Seiring dengan perkembangan zaman dan untuk menghadirkan tampilan TV (Tivi) yang lebih baik, Pemerintah Pusat telah melakukan program peralihan TV analog ke TV digital. Dimana bagi tivi yang belum digital, maka dibutuhkan alat tambahan bernama set top box untuk menangkap siaran tivi digital tersebut.

Untuk membantu masyarakat  mendapatkan alat set top box tersebut, pemerintah telah mengeluarkan program set top box gratis.

Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kaltim HM Faisal saat dikonfirmasi program tersebut mengatakan, untuk wilayah Kaltim mendapatkan kuota kurang lebih  30 ribu alat set top box yang akan dibagikan secara gratis bagi keluarga tidak mampu, yang penerimanya sesuai data dari Kementerian Sosial.

Untuk wilayah Kaltim, keluarga tidak mampu yang terdata dalam Keluarga Penerima Manfaat, Program Keluarga Harapan (KPM-PKH) berjumlah 64.242 orang.

Baca Juga :

Hal ini dijelaskan Achmad Rasyidi, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi Kaltim, Kamis (19/5/2022).

Mengingat jumlah KPM-PKH di Kaltim dua kali lipat dari kuota set top box gratis yang disediakan oleh Pemerintah Pusat, maka akan diadakan proses seleksi lagi agar pemberian alat tersebut tepat sasaran.

“Adapun untuk pengajuan permohonan set top box gratis adalah ke Dinas Kominfo Kaltim. Namun karena proses pengajuannya secara online, dan server  belum maksimal atau banyak yang mengakses, membuat laman pengajuan permohonan set top box Diskominfo Kaltim sempat down dan tidak bisa diakses,“  bebernya menerangkan kala pihaknya mencoba mengaksesnya.

Rasyidi berharap semoga sekarang telah dilakukan perbaikan, dan lamannya dapat diakses kembali. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : @my

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.