Program Pemberdayaan Masyarakat, Apical Berkolaborasi Karang Taruna di Kariangau

Kolaborasi Pertama Peluncuran Program Budidaya Ikan Nila

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Apical group, salah satu produsen terbesar Kelapa Sawit berkelanjutan yang berada di Wilayah Kariangau, serta Koramil 0905 Balikpapan melakukan kegiatan peluncuran perdana program pemberdayaan dan pendampingan Budidaya Ikan Nila yang berada di wilayah ring 1, di Jalan Salok Baru Kariangau, bersama dengan beberapa perusahaan lainnya.

Selanjutnya, kegiatan Budidaya Ikan Nila ini akan di kelola oleh Karang Taruna Maju Bersama yang resmi terbentuk 3 bulan lalu.

Kegiatan peluncuran perdana program pemberdayaan dan pendampingan Budidaya Ikan Nila Apical Group dan sejumlah perusahaan lainnya yang berkolaborasi Karang Taruna di Kariangau. (foto : Exclusive)
Kegiatan peluncuran perdana program pemberdayaan dan pendampingan Budidaya Ikan Nila Apical Group dan sejumlah perusahaan lainnya yang berkolaborasi Karang Taruna di Kariangau. (foto : Exclusive)

Roy Adhi Putera, Ketua Karang Taruna Maju Bersama mengatakan kegiatan kolaborasi dari pihak swasta seperti Apical sangat diterima oleh masyarakat khususnya di daerah Salok Baru.

“Kami sangat berterima kasih karena dengan sumbangan ini, akan menjadi modal untuk sumber penghasilan bagi masyarakat di sini,” ujar Roy, Kamis (19/5//2022).

Acara peluncuran perdana Budidaya Ikan Nila ini juga dihadiri hampir seluruh anggota Karang Taruna, beserta anggota keluarganya. Salah satu peserta yang hadir mengatakan, ini ibarat pesta kampung dan seluruh warga Salok Baru wajib hadir untuk merayakan pesta dan kegembiraan ini.

Baca Juga :

Di kesempatan terpisah, Lurah Kariangau Iskandar mengatakan, ini adalah momentum awal terbangunnya kolaborasi lintas sektor dan harmonisasi yang baik antara para pelaku usaha dengan masyarakat, yang bermukim di sekitar wilayah operasionalnya. Semoga trend yang baik ini dapat diteruskan, dan menjadi contoh bagi perusahaan-perusahan lain ke depannya.

Kegiatan peresmian Budidaya Ikan Nila ini juga diikuti dengan seremonial penebaran 7.000 ekor anakan Ikan pada kolam yg telah disiapkan Karang Taruna. Selain anakan, 20 ekor indukan juga disiapkan dalam budidaya dengan harapan, agar kegiatan ini terus berkelanjutan dan dapat memberikan impact yang positif bagi anggota dan bagi perusahaan.

Menutup kegiatan ini, M Jaya Budi Arsa Head of Sosial Security and Licencing mengatakan, ini merupakan salah satu program yang sudah dicanangkan oleh Apical sejak dulu dalam wujud #Apicalpeduli.

“Semoga ini dapat menjadi awal hubungan baik dengan warga semua, dan segenap perusahaan di wilayah ring 1 kami.” harap Jaya dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com.

Setelah ini akan dilanjutkan dengan adanya program lanjutan pengelolaan sampah dan pemanfaatan FABA, untuk mengatasi keperluan masyarakat sekitarnya. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis/Roni

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.