Ketua Komisi 1 DPRD Balikpapan Optimis Mitranya Bisa Penuhi Target

Laisa : Target Kami 100% Memasuki Akhir Tahun

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan dari Komisi 1 menggelar rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mitranya membahas serapan anggaran Tahun 2022, Kamis (19/5/2022).  

Ketua Komisi 1 DPRD Kota Balikpapan H Laisa Hamisa menyampaikan, telah melakukan rapat bersama mitra Komisi 1 yaitu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (DisDukcapil), Satuan  Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. (Kesbangpol), Inspektorat, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Kegiatan Rapat Dengar Pendapat (RDP) ini baru bisa terlaksana, akibat terhambatnya penyusunan AKD (Alat Kelengkapan Dewan) yang sangat terasa waktu tersita banyak,” jelas politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Dari 7 OPD yang merupakan mitra kerja Komisi, jelas Laisa, telah menyampaikan hasil laporannya terkait penyerapan anggaran Tahun 2022 dalam Triwulan II sudah mencapai kisaran 50%.

“Pekerjaan fisik termasuk dengan keuangan, target kami 100% memasuki akhir tahun 2022 dalam Triwulan IV,” ungkapnya.

BERITA TERKAIT :

Dari hasil RDP itu, iapun optimis OPD bisa memenuhi targetnya dan serapan anggaran untuk tahun 2022 bisa tercapai.

Sebelumnya, DPRD Kota Balikpapan menggelar rapat bersama seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Balikpapan, membahas Pelaksanaan Program Pemerintah yang berkaitan dengan Anggaran, dalam penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada Semester Kedua, Rabu (11/5/2022) .

Ketua DPRD Kota Balikpapan Abdulloh menyampaikan, serapan APBD masih sangat rendah sehingga akan dilakukan evaluasi ulang. Sebagai fungsi pengawasan, akan lebih memacu untuk memperbaiki penyerapan APBD ini yang rata-rata hanya mencapai  30% saja.

“Ini sangat rendah sekali, bahkan ada yang di bawahnya. Maka harus dipacu, agar segera membaik,” jelas Abdulloh saat itu.

OPD, kata politis Partai Golkar itu,  harus memacu penyerapan APBD bersama dengan kinerjanya untuk melaksanakan kegiatan APBD yang sudah diprogramkan dan tidak dibiarkan begitu saja. Namun ada beberapa OPD yang serapan anggarannya begitu besar, dalam catatan di tahun 2021. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.