Pasca Ledakan Kilang Pertamina, Legislator Balikpapan Pertanyakan SOP

Parlindungan Berharap Komisi 4 Bisa Sidak

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAM : Pasca ledakan Kilang Minyak Pertamina Balikpapan, menimbulkan keprihatinan bagi masyarakat yang tinggal di sekelilingnya. Dan kejadian ini sudah berulang-ulang terjadi, hingga menimbulkan korban jiwa.

Hal ini menjadi sorotan Parlindungan Sihotang, salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan

Menurutnya, kejadian pasca ledakan Kilang Pertamina Balikpapan akan dikoordinasikan dengan Komisi 4 DPRD Kota Balikpapan, bersama dengan pihak manajemen Pertamina Balikpapan.

“Kejadian ini masih dalam pemeriksaan oleh pihak Kepolisian, kami DPRD Kota Balikpapan akan mendiskusikan terkait standart operating Procedure (SOP). Yaitu prosedur penanganan keselamatan para pekerja di area Pertamina Balikpapan, yang merupakan bagian dari perusahaan BUMN,” ungkap Parlindungan, Rabu (18/5/2022).

Menurutnya, Komisi 4 DPRD Kota Balikpapan yang membidangi ketenagakerjaan punya kapasitas dalam mempertanyakan hal tersebut. Adanya kejadian pasca ledakan beberapa hari yang lalu, tentunya akan menjadi evaluasi ke depannya.

Baca Juga :

Politisi Partai Nasdem ini mengharapkan Komisi 4 untuk melakukan Sidak, dengan melihat secara langsung sistem kerjanya apakah sesuai dengan SOP.

“Resiko pekerja di dalam Kilang Pertamina sangat besar, apakah semua pekerja sebelum melaksanakan aktifitasnya apakah dilakukan brifing terlebih dahulu atau seperti apa,” kata Parlindungan mempertanyakan soal SOP.

Kemudian bagaimana dengan peralatan kerja orang-orang di dalam Kilang Pertamina, lanjutnya, apakah sudah sesuai dengan peruntukannya atau standar yang digunakan.

“Kami atas nama DPRD Kota Balikpapan, turut belasungkawa dengan adanya peristiwa ledakan ini yang menelan korban jiwa. Sambil berjalannya waktu sesegera mungkin Komisi 4 akan meminta penjelasan kepada pihak manajemen Pertamina, terkait dengan fokusnya ke tenaga kerjanya.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.