Duh! Ponton Bermuatan Conveyor Sangkut di Jembatan Martadipura

Burhan : Kondisi Jembatan Sudah Rusak di Bawah

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Kejadian tertabraknya Jembatan oleh Kapal Ponton terjadi di Jembatan Martadipura yang terletak di Desa Liang Ilir, Kecamatan Kota Bangun. Kejadian tersebut terjadi Jum’at (8/4/2022) sekitar Pukul 09:30 Wita.

Menurut Burhan, Ketua Taruna Desa Liang Ilir yang saat itu berada di lokasi kejadian. Kapal Ponton Batubara yang berkode SPA 30001 tersebut mengangkut Conveyor dari Samarinda menuju Kecamatan Muara Pahu, Kubar. Kondisi Kapal masih tersangkut badan bagian bawah Jembatan, sehingga bagian bawah Jembatan alami kerusakan.

Kondisi muatannya (Conveyor) tinggi dan air juga sedang pasang. Kondisi Jembatan sudah rusak di bawah, bengkok di bagian bawahnya,” ucap Burhan kepada awak media saat dikonfirmasi.

Baca Juga :

Sementara Kadishub Kukar Ahmad Junaedi membenarkan hal tersebut. Jika Jembatan Martadipura ditabrak muatan besi yang diangkut Kapal, hingga tersangkut di bawah Jembatan.

Setelah kejadian tersebut, pihaknya melaporkan kejadian ini kepada Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IIA Samarinda. Karena disanalah kewenangan terkait keamanan dan keselamatan pelayaran, termasuk di bawah Jembatan Martadipura.

“Jadi teman-teman di lapangan hanya menginformasikan, dan kita sudah laporkan ke sana. Dan Kepala KSOP sudah memerintahkan untuk menindaklanjuti, informasinya memang tersangkut di Jembatan, tidak bisa maju atau mundur.” tandas Junaedi. (DETAKKaltim.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.