Ramadhan Kareem di AS, Buka Puasa Bersama di Hartford University

Saleh Mude, Mahasiswa Indonesia Menjadi Pembicara

DETAKKaltim.Com, HARTFORD : Keluarga besar Hartford International University (HIU) terdiri dari Mahasiswa, Pengajar, Staf, dan Presiden HIU mengadakan Buka Puasa Bersama dan kuliah Islamic Studies di Budd Building, Senin (4/4/2022) malam.

Panitia Buka Puasa Bersama mendaulat 2 Mahasiswa untuk menjadi pembicara, Muhammad Saleh Mude dari Indonesia dan Okan Dogan dari Turki.

Saleh mengawali pembicaraannya dengan mengajak semua undangan bersyukur kepada Allah, karena bisa hadir untuk berbuka puasa bersama dan silaturrahmi antar semua menganut agama: Yahudi, Kristen, dan Islam dalam lingkungan Kampus di Kota Hartford, Connecticut, Amerika Serikat (AS).

Hartford International University, Amerika Serikat. (foto : Exclusive)
Hartford International University, Amerika Serikat. (foto : Exclusive)

Dalam rilisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Saleh menyampaikan pada acara tersebut sebagai pembicara, apa yang terlintas dalam pikirannya sebagai seorang muslim ketika menyebut atau menikmati bulan suci Ramadhan adalah, inilah bulan suci, bulan yang ditunggu dan diharapkan oleh setiap muslim selama hidupnya.

Bulan yang di dalamnya kita bisa berbicara banyak tentang kitab suci Al-Qur’an, karena Al-Qur’an pertama kali diturunkan di dalam bulan suci Ramadhan.

“Banyak sarjana muslim yang telah menulis dan bicara tentang keistimewaan bulan suci Ramadhan. Sebagian membagi menjadi tiga bagian: sepuluh hari pertama disebut sebagai “rahmah atau blessing“; sepuluh kedua, disebut “maghfirah atau forgiveness,” dan sepuluh terakhir dipercaya sebagai “pembebasan atau liberation” dari dosa dan kesalahan yang pernah diperbuat sebelumnya dan sekalaigus mendapat predikat hambah yang baik atau bertaqwa,” jelas Saleh .

Dan selama Ramadhan, jelas Saleh yang berasal dari Sulawesi Selatan ini, ummat muslim kebanyakan menyibukkan diri dengan beragam ibadah ritual seperti Puasa, Shalat Tarwih, membaca teks dan mengkaji makna Al-Qur’an.

Dan di ujung Ramadhan, wajib bagi mereka yang mampu untuk membayar Zakat untuk kebahagiaan bagi mereka golongan fakir miskin dan yatim piatu,” pungkas Saleh.

Sementara Okan menjelaskan sisi keunggulan dan keistimewaan Al-Qur’an, menurut pandangan beberapa ulama. Dan sebelum shalat Magrib dan makan bersama, Abdul Wahab dari Tunisia mengumandangkan Azan yang merdu.

Acara diakhiri dengan makan bersama keluarga besar HIU. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : M. Saleh Mude/Rilis

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.