Politik Hijau PDIP-P, Ananda : Pohon Adalah Sumber Kehidupan

Ananda : Penting Bagi Kami Untuk Terus Menjaga Kelestariannya

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Politik hijau. Dua kata dalam satu kalimat yang menjadi jargon Hari Ulang Tahun Ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) pada tahun ini. Partai pemenang dalam 2 edisi Pemilu terakhir itu memilih tema yang sangat berkesesuaian dengan kondisi terkini.

Sebagaimana diketahui, isu perubahan iklim di tengah terjadinya krisis lingkungan tengah menghantui dunia. Sebagai negara tropis dengan kekayaan tumbuhan yang dimiliki, Indonesia berperan sebagai paru-paru dunia untuk terus memproduksi oksigen bagi penduduk bumi.

Berangkat dari isu tersebut, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI-P menggelar penanaman pohon secara serentak dalam puncak Hari Ulang Tahunnya Ke-49, yang jatuh pada 10 Januari 2022.

Sekretaris DPD PDI-P Kaltim Ananda Emira Moeis mengatakan, pihaknya telah menjalankan program tersebut sesuai instruksi DPP. Seluruh elemen partai terlibat dalam proses penanaman pohon tersebut yang digelar di berbagai tempat. Meski begitu, Samarinda menjadi pusat pelaksanaan penanaman bibit pohon yang dilaksanakan oleh DPD PDI-P Kaltim.

BERITA TERKAIT : 

Kata Nanda -sapaan akrabnya- peran PDI-P Kaltim dalam menyukseskan program politik hijau tersebut sangat penting. Mengingat Kaltim merupakan daerah dengan areal hutan terbesar di Indonesia dan menjadi paru-paru dunia.

Menurutnya, program ini sangat selaras dengan kondisi Kaltim. Karena itu, lanjutnya, sudah sewajarnya PDI-P Kaltim melaksanakan program tersebut yang tidak hanya terjebak dalam hal simbolis.

“Tapi memastikan program ini berjalan berkesinambungan sebagai kontribusi partai terhadap kondisi alam dan lingkungan secara keseluruhan, khususnya di Kaltim,” kata anggota Komisi 3 DPRD Kaltim yang juga membidangi masalah lingkungan ini.

BERITA TERKAIT :

Menurutnya, pohon berperan dalam menjaga keseimbangan ekosistem. Pohon sebagai penghasil oksigen, penyimpan karbon, penghasil bahan baku bangunan, serta buah-buahan. Bahkan pohon atau tumbuhan juga menjadi bahan obat, dan barang nabati lainnya.

Selain itu, pohon sebagai tempat berlindung berbagai spesies binatang. Manfaat lainnya sekumpulan pohon dapat mencegah bencana alam seperti tanah longsor, erosi, banjir. Pohon juga membantu penyerapan air hujan ke dalam tanah serta dapat menyimpan persediaan air tanah, agar memiliki persediaan saat musim kemarau tiba.

“Pendeknya, pohon ini menjadi sumber kehidupan manusia. Karena itu, penting bagi kami untuk terus menjaga kelestariannya. Belum lagi pohon bisa mencegah bencana, tanah longsor, banjir dan lainnya.” ungkap Nanda menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Nina

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.