Putusan MA Turun, Camat Solokuro Dihukum 1 Tahun Penjara

Terjerat Kasus Korupsi Bantuan Usaha Agrobisnis

DETAKKaltim.Com, LAMONGAN : Kejaksaan Negeri (Kejari) Lamongan menyerahkan Camat Solokuro, Lamongan, Jawat Timur, Heri Agus Santa Pramono ke Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Kelas IIB Lamongan untuk dilakukan penahanan.

Kasi Pidsus Kejari Lamongan Anton Wahyudi menjelaskan, kasus ini sudah lama sekali, dan pada hari ini ditindaklanjuti serta menjalankan Putusan dari Mahkamah Agung (MA).

Putusan MA baru kita terima kemarin, yang bersangkutan ini sebenarnya bukan Tersangka, melainkan statusnya Terpidana,” tutur Anton Wahyudi dikutip dari duta.co, Jum’at (7/1/2022) sore.

Anton menuturkan, Kejari Lamongan hanya mengeksekusi Putusan dari Mahkamah Agung (MA) untuk menyerahkan Terpidana Camat Solokuro ke Lapas Lamongan.

Menurutnya, selama satu tahun dalam melaksanakan Putusan, Terpidana Heri Agus Santa Pramono dinilai sangat koperatif. Sebelum ditahan, kata Anton, pihak Kejaksaan juga sudah melakukan Prokes terhadap beliau.

“Sebelum Terpidana ini diserahkan ke Lapas Lamongan, Kejaksaan juga sudah memanggil dokter terkait kesehatan dan melakukan tes Swab kepada yang bersangkutan,” ungkapnya.

Baca Juga :

Kasi Intel Kejari Lamongan Condro Maharanto menambahkan, eksekusi pidana tersebut ialah Putusan dari Mahkamah Agung. Karena sebelumnya dari tingkat Pertama, Banding dan Kasasi.

“Itu terkait tidak pidana pungutan bantuan usaha agrobisnis yang diterima Gapoktan di Kecamatan Maduran pada tahun 2011 yang lalu,” beber Condro.

Condro mengungkapkan, sebagaimana Putusan Kasasi Mahkamah Agung RI P-48 nomor : 1293/K/PID.SUS/2016 tanggal 2 Maret 2017. Dengan amar Putusan menyatakan terbukti bersalah melakukan tidak pidana korupsi.

Baca Juga :

Dalam Dakwaan, sambung dia, yaitu Subsidair Pasal 11 Undang-Undang RI Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi Junto Pasal 55 Ayat 1 KUHP.

“Camat Solokuro Heri Agus Santa Pramono diancam pidana kurungan selama 1 tahun.” pungkas Condro. (DETAKKaltim.Com group Siberindo.co/Radarbangsa.com)

Penulis : RB/SMSI

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!