Penyelenggara Pemilu di Kaltim Ikut Seleksi KPU-Bawaslu

Saaludin : Masih Menunggu Hasil Pengumuman

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Setelah pengumuman pendaftaran bakal calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) 2022-2027 dibuka Senin 18 Oktober 2021, ratusan peserta dari seluruh Indonesia mendaftar hingga penutupan tanggal 15 November 2021.

Dari penelusuran DETAKKaltim.Com diketahui, Ketua dan anggota KPU Kaltim Rudiansyah dan Iffa Rosita mengikuti seleksi Komisioner KPU Pusat tersebut.

Selain itu, juga ada anggota KPU Mahakam Ulu Saaludin dan 2 mantan anggota KPU Balikpapan masing-masing Sunawiyanto dan Purwo Atmojo turut mengikuti seleksi, serta anggota Bawaslu Kaltim Muhammad Ramli.

Dikonfirmasi, Iffa membenarkan mengikuti seleksi tersebut. Saat ini sudah lolos di tahap Pertama yaitu tahap Administrasi.

“Kemarin tahap 2 tanggal 24 (November) mengikuti tes CAT dan penulisan makalah. Tanggal 25 tahapan Psikotest. Tinggal menunggu hasil (pengumuman) untuk bisa masuk tahap Ketiga yaitu Psikotest lanjutan dan Kesehatan,” jelas Iffa melalui pesan WhatsAppnya, Senin (29/11/2021).

Dikonfirmasi, Saaludin juga membenarkan mengikuti seleksi tersebut. Ia menjelaskan pelaksanaan tes tertulis, penulisan makalah, dan tes Psikologi telah ia ikuti di JIEXPO Kemayoran Jakarta.

Sesuai dengan pengumuman Tim Seleksi Nomor 139/TIMSEL/XI/2021 tentang hasil penelitian administrasi seleksi bakal calon anggota KPU, dan seleksi bakal calon anggota Bawaslu masa jabatan 2022-2027, diketahui sejumlah penyelenggara Pemilu dari Kaltim mendaftar sebagai calon anggota KPU dan calon anggota Bawaslu.

Yang mendaftar sebagai calon anggota KPU adalah Rudiansyah, Iffa Rosita, Muhammad Ramli, Saaludin, Sunawiyanto dan Purwo Atmojo. Sedangkan mendaftar sebagai calon anggota Bawaslu adalah Saipul dan Mukhasan Ajib.

“Total pendaftar yang lolos ke tahap seleksi tertulis kemarin, untuk KPU dari seluruh Indonesia sebanyak 352 orang dan untuk Bawaslu sebanyak 277 orang,” ungkap Saaludin.

Baca Juga :

Sesuai informasi dari tim seleksi, kata Saaludin lebih lanjut, peserta yang lolos ke tahap selanjutnya hanya 48 orang. Sebanyak 28 orang untuk calon anggota KPU dan 20 orang untuk calon anggota Bawaslu.

“Kami tentu masih menunggu hasil pengumuman tersebut, apakah masuk atau tidak ke tahap selanjutnya. Saya berharap dari Kaltim ada yang masuk tahap selanjutnya dan lolos ke 7 besar sebagai anggota KPU ataupun lima besar sebagai anggota Bawaslu,” kata mantan Wartawan ini lebih lanjut.

Mukhasan Ajib yang dikonfirmasi membenarkan jika mengikuti seleksi Komisioner Bawaslu Pusat.

“Ya, tunggu pengumuman tanggal 3 Desember hasil CAT, makalah, dan Psikotes,” kata Ajib seraya mohon didoakan karena ikhtiar sudah maksimal dilakukannya.

Iapun menyebutkan, saingannya berat di Bawaslu, 278 orang yang mengikuti tes tertulis.

“Rata-rata dari Bawaslu Provinsi dan ketuanya, ada incumben Bawaslu RI juga,” ungkap Ajib yang juga lama berkecimpung di dunia Jurnalistik sebagai Wartawan.

Disinggung mengenai makalah yang dibuat, Ajib mengatakan tema ditentukan di tempat oleh Timsel. Judul terkait pengawasan dan sinergitas KPU dan Bawaslu.

Laptop disediakan panitia, waktu 3 jam dikerjakan di tempat pada hari Rabu 24/11 di JIEKPO Kemayoran Jakarta.” tandas Ajib menjelaskan teknis pelaksanaan penulisan makalah.

Rudiansyah dan Saipul yang dikonfirmasi terkait seleksi itu, hingga berita ini diterbitkan belum bisa dihubungi. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.