KPU RI Resmikan Program DP3, Sangatta Selatan Jadi Desa Percontohan

Ilham : Pemilu Itu Tidak Hanya Memilih Pemimpin

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI meresmikan Program Desa Peduli Pemilu dan Pemilihan (DP3) di KPU Kutim, Sabtu (16/10/2021). Dalam program itu Desa Sangatta Selatan masuk sebagai Desa percontohan.

Ketua KPU Kutim Ulfa Jamilatul Farida mengatakan, pihaknya mengusulkan dari beberapa Desa. Namun lantaran keterbatasan anggaran, maka hanya 2 Desa yang disetujui. Yakni di Desa Sangatta Selatan, dan di Samarinda.

Meskipun begitu, kelak Desa ini akan menjadi percontohan Desa-Desa lainnya. Pastinya, harapan terbesar dapat membawa Pemilu sukses dan sesuai dengan target yang diharapkan.

“Kami yakin para kader Desa Peduli Pemilu mampu meningkatkan partisipasi pemilih,” katanya.

KPU RI Ilham Saputra menyebutkan, dibentuknya Desa Peduli Pemilu agar kepedulian masyarakat terhadap sistem demokrasi serta membangun kesadaran politik dalam menyaring informasi terkait kepemiluan.

“Pemilu itu tidak hanya memilih pemimpin, tapi kebijakan yang diambil pemimpin itu akan sangat berpengaruh nantinya terhadap kehidupan kita,” jelasnya.

Baca Juga :

Lebih lanjut ia mengatakan, indikator dari terbentuknya DP3 ini. Melihat dari beberapa pengalaman pemilu sebelumnya, dimana masih banyak masyarakat yang memilih bukan sesuai nuraninya.

“Saya berharap kader DP3 Kutai Timur nanti ini bisa memberikan pengarahan dan pemahaman kepada masyarakat, bahwa kita memilih itu sesuai dengan visi misi dan juga apa yang diinginkan untuk jadi apa Kabupaten ini ke depan,” imbaunya

Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang turut menghadiri acara tersebut berharap, dengan adanya launching DP3 untuk Desa Sangatta Selatan sebagai role model bisa memberikan contoh, dan partisipasi yang masyarakat yang lebih tinggi lagi.

“Desa Sangatta Selatan sudah ditetapkan sebagai Desa percontohan dalam Pemilu, semoga Desa lain bisa mengikuti dengan meningkatnya partisipasi masyarakat dalam pemilihan.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!