RS, Tersangka Pembunuh Juwana Terancam Dijerat Pembunuhan Berencana

RS Beli Pisau dari Indo Mart Sebelum Bertemu Juwana

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : RS, tersangka pembunuh Juwana sudah merencanakan menjalankan aksinya untuk membunuh korban, yang dilatar belakangi keinginan untuk menguasai hartanya.

Sebagaimana yang disampaikan Ipda Dovie dalam pendalaman pemeriksaan tersangka, tersangka RS memang memiliki niat untuk menguasai barang berharga korban dengan cara membunuhnya.

Sebelum bertemu dengan korban, tersangka lebih dahulu membekali diri dengan senjata tajam yaitu pisau, yang dia beli dari mini market.

“Jadi ini masuk Pasal pembunuhan berencana. Karena ini pembunuhan ini memang sudah direncanakan terlebih dahulu oleh pelaku. Dimana dia sudah menyiapkan senjata tajam, yaitu pisau dapur yang dia beli dari Indo Mart,” terangnya.

SR membuat skenario seolah-olah ada customer yang ingin bergabung di perusahaan, tugas dari customer ini yang mengatur semuanya adalah marketing. Malam itu, Senin (6/9/2021) tersangka menghubungi dan mengajak korban untuk bertemu customer.

“Pada kenyataannya itu semua skenario palsu, dia memang sudah niat mencuri dan merampok barang-barang dari korban,” jelas Ipda Dovie.

BERITA TERKAIT :

Niat menguasai harta korban timbul karena sering melihat hidupnya mewah, baik perhiasannya maupun HPnya juga bagus semua, iPhone 12 sama iPhone 11. Pelaku bekerja, hari-hari bersama korban.

“Jadi dia tertarik gitu mencuri barang-barang korban,” jelas Ipda Dovie menjawab pertanyaan awak media.

Polisi belum menetapkan Pasal tindak pidana yang disangkakan kepada tersangka RS. Ia bisa saja dijerat dengan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman pidana mati atau seumur hidup.

Pasal 340 KUHP menyatakan, “Barang siapa sengaja dan dengan rencana lebih dahulu merampas nyawa orang lain, diancam karena pembunuhan dengan rencana, dengan pidana mati atau pidana penjara seumur hidup atau selama waktu tertentu, paling lama dua puluh tahun”. (DETAKKaltim.Com )

Penulis : LVL      

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!