Dishut Kaltim Gelar Sosialisasi Pencegahan Karhutla di Kutai Kartanegara

Zaina : Ini Menjadi Fokus Kita

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Upaya Pemerintah Provinsi Kaltim dalam mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan terus dilakukan, meski saat ini hujan masih terus terjadi namun langkah pencegahan tetap dilakukan sejak dini.

Dinas Kehutanan (Dishut) Provinsi Kalimantan Timur melalui Bidang Perlindungan dan Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem, menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang berlangsung di Tenggarong Kutai Kartanegara, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan ini melibatkan Organisasi Perangkat Daerah di Kutai Kartanegara dan UPTD terkait, dan pihak perusahaan.

Kabid KSDA dan Ekosistem Zaina Yurda mengatakan, kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk mensinergikan pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, dipilihnya Kutai Kartanegara karena daerah itu memang salah satu daerah yang rawan terjadinya Karhutla.

“Ini menjadi fokus kita, masih ada beberapa lokasi lagi yaitu Bontang, Kubar, Kutim dan Berau. Karena masih penerapan PPKM, jadi beberapa daerah ditunda, mungkin dalam waktu dekat ini, kita laksanakan di Kubar. Bertahap kita lakukan,” ujar Kabid KSDA dan Ekosistem Zaina Yurda saat di konfirmasi DETAKKaltim.Com, Senin (20/9/2021).

Baca Juga :

Lebih lanjut Zaina menjelaskan, sosialisasi ini bukan hanya menjalankan program namun bagaimana komitmen bersama untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan Timur. Oleh karena itu, dalam sosialisasi tersebut Dinas Kehutanan juga menghadirkan pihak perusahaan.

“Dalam sosialisasi itu, masing-masing bicara Tupoksi. Kalau di dalam kawasan Hutan itu Dinas Kehutanan, kalau di luar kawasan itu BPBD. Dan untuk Kepolisian yaitu komitmen mereka mendukung pemerintah terkait Instruksi Presiden terkait penanggulangan Kebakaran Hutan” jelas mantan Kepala Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) tersebut.

“Meski curah hujan masih meningkat di tahun ini, namun kita tetap waspada dan petugas kami di lapangan tetap melakukan patroli di daerah yang kita anggap rawan.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor  : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!