Warga Gang Ahim Ngeluruk ke Rumah Pribadi Wali Kota Samarinda

Protes Rencana Pembongkaran Kios di Gang Ahim

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Puluhan warga  Gang Ahim, Jalan PM Noor, yang memiliki Kios di samping Tembok Education Center Kaltim mendatangi rumah pribadi Wali Kota Samarinda Andi Harun, Senin (13/9/2021) malam.

Kedatangan warga Gang Ahim yang berdiam tidak jauh dari rumah pribadi Wali Kota ini, setidaknya akan melakukan protes atas rencana Pemkot Samarinda membongkar Kios milik mereka.

Kepada Wali Kota, warga Gang Ahim meminta agar Pemkot Samarinda mengurungkan niatnya melakukan pembongkaran Kios mereka yang rencananya akan dilakukan, Selasa (14/9/2021) pagi ini.

Perdebatan alotpun sempat terjadi antara warga pemilik Kios dengan Andi Harun. Warga tetap ngotot agar Kios mereka tidak dibongkar. Alasannya, mereka sudah lama berjualan di sana dan Wali Kota sebelumnya tidak pernah mempermasalahkan berdirinya bangunan Kios, yang kini sudah nampak permanen itu.

Salah seorang warga Ahim  mengaku, lahan yang mereka gunakan untuk membangun Kios tersebut adalah lahan milik peninggalan orang tua mereka terdahulu.

Kepada warga Wali Kota menyampaikan, tetap akan melakukan pembongkaran Kios dengan alasan wilayah itu adalah jalur air.

“Kita sudah berikan kelonggaran waktu 3 bulan atas berdirinya bangunan Kios itu. Tidak ada kepentingan pribadi saya di situ, ini untuk kepentingan bersama,” ujar Andi Harun.

Baca Juga :

Jhon salah seorang warga pemilik Kios di sana menimpali, bahwa bangunan mereka siap saja dibongkar asalkan pasar Dayak di Jalan PM Noor lebih dulu dibongkar.

Atas permasalah ini warga kemudian meminta diberikan solusi. Wali Kotapun menawarkan kepada pemilik Kios, tempat di Segiri Grosir dengan memberikan gratis selama 2 bulan. Namun tawaran solusi ini tidak mendapat respon. Warga tetap meminta agar bangunan Kios mereka tidak dibongkar

Ada juga warga yang mengusulkan, agar mereka tetap bisa berjualan di sana dengan membangun tenda-tenda saja.

Menurut Wali Kota usulan tersebut akan dipertimbangkan. Kebijakan untuk membongkar Kios-Kios di Gang Ahim akan tetap dilakukan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : ib

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!